Bagikan:

PALEMBANG - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan memberikan layanan mudik Lebaran 2023 gratis untuk tujuan dalam provinsi dan antarprovinsi, khususnya ke Pulau Jawa.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumsel Ari Narsa mengatakan telah disediakan 15 bus yang siap mengantarkan warga Sumsel pulang ke kampung halaman.

"Kendaraan bus mudik Lebaran ini gratis tujuannya meliputi Palembang-Jawa, antarkota dalam provinsi dan antarprovinsi," kata dia

Penyediaan setiap bus pariwisata untuk mudik gratis tersebut, kerjasama antara Pemerintah Provinsi Sumsel dengan Bank Sumsel Babel dan tiga perusahaan BUMN (PT Jasa Raharja Palembang, PT Pupuk Sriwidjaja, dan PT Bukit Asam).

Armada tersebut, antara lain untuk jurusan luar provinsi meliputi rute Palembang-Terminal Tirtonadi Solo, Jawa Tengah tiga unit, Palembang-Padang Sidempuan, Sumatera Utara dua unit.

Selain itu, Palembang-Bukit Tinggi, Sumatera Barat satu unit dan Palembang-Solok-Lubuk Basung, Sumatera Barat satu unit.

Untuk rute dalam provinsi, meliputi Palembang-Muara Enim-Lahat-Tebing Tingi satu unit, Palembang-Lahat-Pagar Alam-Dempo dua unit.

Tujuan Palembang-Musi Banyuasin-Musi Rawas-Lubuk Linggau-Musi Rawas Utara tiga unit, Palembang-Kayu Agung-Belitang-Muara Dua satu unit, dan Palembang-Baturaja-Martapura-Muara Dua sebanyak dua unit.

Dia menjelaskan bagi masyarakat yang berencana mudik pada Lebaran mendatang segera mendaftarkan diri dengan syarat berdomisili di Sumsel yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Pihaknya menyediakan laman daring untuk pendaftaran melalui https://dishub.sumselprov.go.id atau menghubungi pusat informasi dengan nomor 0821- 7711-1490 dan 0856-6499-8560.

"Juga disediakan pendaftaran langsung di posko Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Sumsel Jalan Kapten A. Rivai," kata dia.

Pemerintah provinsi membuka layanan pendaftaran pada tanggal 15 April 2023, keberangkatan direncanakan  dilaksanakan pada 19 April 2023, pukul 08.00 WIB. Lokasi pemberangkatan di Terminal Alang-Alang Lebar, Palembang.