NATO Bangun Tempat Penampungan untuk 4.000 Korban Gempa Turki di Hatay
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan saat mengunjungi korban gempa bumi. (Sumber: Presidency of The Republic of Turkiye)

Bagikan:

JAKARTA - Aliansi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) membangun tempat penampungan sementara bagi 4.000 korban gempa di Distrik Antakya dan Iskenderun, Provinsi Hatay, Turki, menyusul gempa bumi dahsyat bulan lalu yang menewaskan puluhan ribu orang di bagian tenggara Turki dan Suriah.

"Sekutu dan mitra NATO terus memberikan bantuan kepada Turki," kata aliansi tersebut dalam sebuah pernyataan, dilansir dari Daily Sabah 17 Maret.

Badan Pendukung dan Pengadaan NATO sedang membangun tempat penampungan sementara untuk 4.000 orang di Antakya dan Iskenderun.

Kamp di Antakya diperkirakan akan dibuka pada pertengahan April dengan kapasitas untuk menampung lebih dari 2.400 orang.

Anggota NATO juga sepakat untuk membangun fasilitas serupa untuk menampung 4.000 orang tambahan di Defne, distrik lain, sebagai bentuk solidaritas terhadap Turki.

Dalam beberapa minggu terakhir, NATO telah menerbangkan lebih dari 10.000 tenda, selimut, dan peralatan medis dari Pakistan. Sementara, Prancis juga mengirimkan 5.000 tenda dan ribuan selimut.

Diketahui, hampir 50.000 orang tewas di Turki setelah gempa berkekuatan 7,8 SR dan 7,5 SR mengguncang 10 provinsi pada 6 Februari, menurut para pejabat.

Sekitar 13,5 juta orang di Turki terkena dampak gempa besar yang melanda Provinsi Kahramanmaraş, Hatay, Gaziantep, Adıyaman, Malatya, Adana, Diyarbakır, Kilis, Osmaniye, Şanlıurfa dan Elazığ.

Gempa dahsyat tersebut juga mengguncang beberapa negara tetangga, menyebabkan kehancuran yang meluas di Suriah utara, di mana hampir 3.500 orang terbunuh.