KKB Terus Berulah, Sekolah di Dekai Yahukimo Diliburkan
YPK Metanoia Dekai dibakar, Minggu dini hari (11/3). (ANTARA/HO/Dokumen Pribadi)

Bagikan:

JAYAPURA - Bupati Yahukimo Didimus Yahuli mengemukakan kegiatan belajar mengajar (sekolah) di Dekai diliburkan, karena meningkatnya gangguan keamanan di wilayah tersebut.

"Memang benar kegiatan belajar mengajar, mulai Rabu (15/3) hingga Sabtu (18/3) diliburkan akibat meningkatnya gangguan keamanan di Dekai. Bila situasi benar-benar sudah kembali kondusif, pada Senin (20/3), siswa dapat kembali ke sekolah," kata Bupati Didimus dilansir ANTARA, Rabu, 15 Maret.

Diambilnya keputusan (kebijakan) itu akibat meningkatnya gangguan keamanan di Yahukimo, khususnya di Dekai beberapa hari terakhir ini. KKB menebar teror di wilyah ini.

Lantaran ada sekolah dasar (SD) yang dibakar, pemerintah daerah setempat meliburkan siswa menghindari gangguan keamanan.

Bupati Didimus menerangkan, Minggu (12/3) dini hari, gedung SD YPK Metanoia Dekai dibakar. KKB yang membakar gedung SD tersebut, juga menembak pesawat komersial yang mengangkut warga sipil.

"Ini sudah tidak benar, karena di seluruh dunia tidak dibenarkan menembak pesawat komersial yang berisi warga sipil, apalagi bisa saja diantaranya ada sanak keluarga kita sendiri," kata Bupati Didimus Yahuli.

Saat ini keamanan di Dekai, disebut Didimus berangsur kondusif, namun anggota TNI-Polri tetap bersiaga.

"Masyarakat diharapkan ikut menjaga Kamtibmas agar keamanan di Dekai kembali kondusif, sehingga aktivitas kembali normal," kata Bupati Didimus.