Istri Moeldoko Meninggal, Menteri Suharso Kenang Koesni Harningsih saat Ngekos di Rumah Ibunya
Rumah Duka Hj Koesni Harningsih (foto: Rizky Sulistio/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menyatakan bahwa memiliki kenangan tersendiri atas meninggalnya Hj. Koesni Harningsih.

Semasa hidupnya, istri Kepala Staf Kepresidenan RI, Moeldoko itu pernah tinggal dirumahnya sewaktu masa mahasiswi di Malang, Jawa Timur.

"Saya berduka yang amat dalam. Almarhumah pernah tinggal semasa mahasiswi masih kuliah, karena beliau mahasiswi di Malang, lalu kos di rumah saya. Jadi oleh ibu saya sudah dianggap kayak anaknya karena semua putri dan adik-adik saya semua perempuan," kenangnya di rumah duka Moeldoko di Jalan Terusan Lembang, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu, 12 Maret.

Lebih lanjut, Suharso mengatakan, pihaknya mengaku sangat dekat dengan almarhumah Koesni Harningsih.

"Terakhir adik saya masih menengok almarhumah di Singapura. Saya juga ingin mengingatkan kepada seluruh ibu-ibu dan perempuan-perempuan Indonesia untuk rajin melakukan uji mamografi karena itu penting sekali untuk mencegah secara dini kanker payudara. Sekali lagi saya duka yang amat dalam, saya anggap seperti adik saya almarhumah ini," paparnya.

Suharso menyatakan, semasa hidupnya, almarhumah Hj Koesni sangat memperhatikan masyarakat pada umumnya.

"Memang sejak masih kuliah seperti itu. Komunikasinya baik sama siapapun tidak memilih-milih dan pergaulannya luas, pengetahuannya, punya visi bisnis yang baik," ujarnya.

Sementara dari pantauan VOI di rumah duka Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di Jalan Terusan Lembang, Menteng, Jakarta Pusat masih nampak sunyi. Sekitar pukul 15.00 WIB, belum terlihat adanya aktivitas apapun di rumah duka tersebut.

Beberapa masyarakat yang ada di lokasi juga masih terlihat haru. Sementara tidak terlihat adanya tokoh politik dan pejabat negara di lokasi rumah duka hingga Minggu sore ini. Mereka masih ikut menghantarkan jenazah Hj. Koesni Harningsih ke peristirahatan terakhirnya di Taman Makam Pahlawan Bahagia, Tangerang Selatan, Banten.

Sebelumnya diberitakan, istri Kepala Staf Kepresidenan RI Moeldoko, Hj. Koesni Harningsih (64) menghembuskan nafas terakhirnya di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta pada Minggu, 12 Maret.

Kepala RSPAD Letjen TNI Albertus Budi Sulistya mengatakan, Koesni Harningsih (64) istri dari Bapak Moeldoko, Kepala Staf Kepresidenan telah berpulang ke Rahmatullah sekitar pukul 04.49 WIB.

"Meninggal di ruang CICU, karena sakit," kata Letjen TNI Albertus saat dikonfirmasi VOI, Minggu, 12 Maret.

Lebih lanjut, Letjen TNI Albertus menjelaskan, jenazah almarhumah Koesni Harningsih mulai dibawa dari RSPAD ke rumah duka di Menteng sekitat pukul 06.50 WIB.