Menhub Budi Karya: Sesuai Arahan Presiden Jokowi, Seharusnya Masyarakat Bangga Manfaatkan Produk Lokal
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Foto: Dok. Kemenhub)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah meluncurkan gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI) 2021, tujuannya untuk mengajak masyarakat membeli dan menggunakan produk lokal yang diproduksi UMKM. Gerakan kampanye ini diharapkan dapat menciptakan industri baru yang jadi penopang ekonomi nasional.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, di tengah krisis saat ini kelangsungan usaha produk lokal perlu ditopang dengan meningkatkan daya beli masyarakat.

"Bangga Buatan Indonesia di-campaign dan diluncurkan untuk mendorong national branding produk lokal unggulan yang sudah dikurasi dan diharapkan bangkit dan tumbuh. Sehingga menciptakan industri baru yang mendorong pertumbuhan ekonomi," ujarnya, dalam peluncuran gerakan Bangga Buatan Indonesia 2021 secara virtual, Senin, 11 Januari.

Peluncuran gerakan BBI ini dilakukan di tiga tempat yaitu Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali. Kemudian, Bandara Yogyakarta International Airport, Jawa Tengah dan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang Banten.

Sesuai dengan anjuran Presiden Joko Widodo, kata Budi, masyarakat Indonesia seyogyanya memanfaatkan produk lokal untuk kebutuhan dan keinginan mereka. Produk lokal juga memiliki kualitas yang patut dibanggakan dengan produk luar negeri.

Lebih lanjut, ia mengatakan, dengan mendorong  pelaku UMKM, sektor untuk ini tetap bertahan hidup meskipun pandemi COVID-19 masih berlangsung.  Salah satu caranya, dengan tetap berinovasi dalam menghasilkan produk berkualitas, lalu didukung masyarakatnya yang membeli produk lokal.

Apalagi, transaksi di tengah pandemi juga semakin mudah dengan fitur-fitur digital, seperti QR Indonesia Standard (QRIS) karena bisa dilakukan di mana saja, kapan saja dan tidak perlu dilakukan dengan aktivitas fisik dan sosial.

"Justru di kala kita tidak bisa melakukan kegiatan dengan leluasa tapi sangat yakin kemampuan UMKM memproduksi produk berkualitas tinggi bisa dilakukan. Transaksi non-cash juga brilian, Insyaallah akan terjadi pertumbuhan yang eksponensial dari transaksi tersebut," tuturnya.

Budi mengatakan, juga akan melakukan peluncuran gerakan ini di Stasiun Gambir pada 17 Januari mendatang. Pada peluncuran nanti, dirinya akan menampilkan produk-produk yang berkaitan dengan transportasi.

"Nanti kita kombinasikan dengan produk yang ada hubungannya dengan transportasi, yaitu sepeda, sepeda listrik dan motor yang memang kreasi milenial yang sangat membanggakan," ucapnya.