Bagikan:

YOGYAKARTA - Di negara kita, siapa sih yang tidak mengenali apa maksudnya keturunan darah biru? Sebutan ini dimiliki oleh seorang yang mempunyai garis keturunan para bangsawan. Yuk cari tahu apa arti darah biru!

Pengertian darah biru sesungguhnya telah lama dipakai buat penyebutan pada banyak orang yang mempunyai garis generasi dari ningrat ataupun bangsawan kerajaan. Sebutan darah biru  dalam sejarahnya pertama kali terdengar di Inggris pada era ke-19.

Apa Arti Darah Biru

Kalau menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bangsawan ialah generasi orang agung (paling utama raja serta keluarganya), ningrat ataupun orang berbangsa. Umumnya mereka yang bermukim di area kerajaan.

Gelar itu tidak cuma negara-negara lain, namun pula di Indonesia. Karena, di Indonesia sedari dulu ada kerajaan-kerajaan yang telah berdiri, dan hingga saat ini masih ada beberapa.

Di era dahulu, mempunyai kulit hitam merupakan indikator golongan bawah yang bekerja keras di dasar cahaya mentari. Sedangkan orang mampu dan ningrat tidak wajib bekerja keras sebab gampang dikenali dari kulit mereka yang putih. 

Apa kelebihan keturunan darah biru?

Anak turun darah biru, yakni wujud generasi dari kakek moyang bangsawan ataupun generasi ningrat. Umumnya, orang yang mempunyai generasi darah biru mempunyai watak yang berkarisma serta disegani banyak orang. Pasti, orang yang memiliki keturunan darah biru dapat diamati dari kepribadian serta ciri khasnya dalam kegiatan tiap hari. 

Cara mengetahui Keturunan Darah Biru?

Agar kita mengenali apakah seseorang itu punya darah biru atau tidak, ya hanya dengan uji DNA saja solusinya. Uji DNA bukan cuma berperan buat memastikan anak kandung ataupun orangtua kandung saja, namun pula dapat memastikan asal muasal dari mana kakek moyang kita. 

Ciri-ciri keturunan Darah Biru

  1. Bersifat tenang (Biasanya seseorang dengan keturunan darah biru cenderung punya sifat yang tenang.) 
  2. Berwibawa. 
  3. Mudah bergaul dan mudah beradaptasi. 
  4. Ucapannya selalu diterima semua orang. 
  5. Selalu mengedepankan orang lain dalam setiap masukannya. 
  6. Rela berkorban. 
  7. Pengayom. 
  8. Hidup yang tidak setengah-setengah.

Gelar Bangsawan Darah Biru di Indonesia

1. Tengku

Pastinya banyak yang mengira julukan Tengku ini dari Aceh saja bukan? Namun ternyata julukan ini juga ditemukan pada keturunan darah biru yang ada dari kerajaan daerah Sumatera Utara dan juga Riau.

2. Cut dan Tengku

Untuk kedua gelar ini tentunya begitu familiar di masyarakat Indonesia, mengingat banyak pahlawan yang menyandang gelar tersebut seperti Cut Nyak Dien. Sekilas kelihatan sama namun berbeda, kalau gelar Tengku di sini digunakan untuk bangsawan yang bukan keturunan sultan. Tengku sendiri digunakan sebagai gelar kepakaran, contohnya ya ahli agama atau ulama.

3. Kiagus dan Nyayu

Pasalnya, gelar bangsawan ini berasal dari Sumatera Selatan. Tak hanya Kiagus (Laki-laki) dan juga Nyayu (Perempuan) namun ada beberapa julukan juga seperti; Masagus dan Masayu serta Kemas dan Nyimas.

4. Kiai Agus dan Nyai Ayu

Kedua gelar darah biru ini berasal dari Belitong. Memang sih hampir serupa dengan gelar bangsawan dari Sumatera Selatan. Namun hal itu dikarenakan dulunya provinsi Babel (Bangka Belitung) adalah bagian dari Sumatera Selatan sebelum dimekarkan. Jadi wajar kalau mirip-mirip ya.

5. Tubagus dan Ratu

Gelar Tubagus (laki-laki) dan Ratu (perempuan) berasal dari tanah jawara yaitu Banten. Dulunya, gelar ini identik dengan keturunan para pemuka agama dan jawara yang disegani di sana.

6. Raden dan Roro

Istilah ini tentunya tak asing bagi masyarakat Jawa. Gelar Raden dan Roro dipercaya sebagai keturunan darah biru yang berasal dari kerajaan-kerajaan di Jawa.

7. Cokorda dan Anak Agung

Pasalnya, kedua gelar ini tidak begitu familiar di telinga bukan? Cokorda dan Anak Agung diketahui berasal dari Pulau Dewata, Bali. Karena disana masih mengenal system kasta jadi, jika ada orang yang kalian kenal ada gelar Cokorda dan Anak Agungnya, sudah dipastikan dia keturunan raja selain putra mahkota. Gelar yang mendekati ialah Ida Bagus dan Ida Ayu, sebutan itu berlaku untuk keturunan pendeta, pendekar serta Dewa.

8. Banding Agung, Batin dan Raden

Gelar ini berasal dari keturunan bangsawan dan raja yang ada di provinsi Lampung. Lampung juga memiliki gelar Raden yang sama dengan di Jawa pula. Mungkin dulunya keturunan darah biru bermigrasi ke Lampung dan menetap di sana.

9. Lalu dan Baiq

Sebutan bangsawan Lalu dan Baiq berasal dari pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.

10. Andin

Sebutan penanda keturunan bangsawan ini berasal dari Banjar, lebih tepatnya ada di Martapura. Kalau di Desa Binaji gelarnya ada Anang dan Galuh, tentunya mereka adalah keturunan para gusti, ratu atau antung. Selain di Banjar memang ada sih sebutan yang sama, hal ini dikarenakan mereka adalah keturunan para bangsawan dari kerajaan Kalimantan Timur dan Utara.

11. Uria

Sebutan Uria biasanya ditujukan pada keturunan ningrat dari Suku Dayak Manyan yang ada di Kalimantan.

12. Andi

Andi merupakan julukan keturunan darah biru yang berasal dari suku Bugis dari Sulawesi. Untuk mendapatkan gelar Andi, kedua orang tuanya harus memiliki gelar Andi pula. Jadi kalau semisal Ayahnya bergelar Andi dan ibunya tidak, otomatis akan memiliki gelar Andi Baso dan Andi Besse. Apabila garis keturunannya sudah jauh maka akan dipanggil Andi Tenri.

Jadi setelah mengetahui apa arti darah biru, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!