Diguyur Hujan Sejak Petang, Rumah Warga di Jondul Padang Tergenang Banjir 1 Meter
Seorang warga yang rumahnya digenangi banjir di Jondul Rawang Padang (Fathul Abd/Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Rumah warga di Jondul Rawang Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, tergenang air dengan ketinggian sekitar 1 meter. Hal ini akibat curah hujan yang tinggi sejak Jumat, 8 Januari petang. 

"Hujan sudah mengguyur sejak Jumat sore dan menggenangi rumah kontrakan saya dengan ketinggian sekitar satu meter," kata salah seorang warga bernama Syafrullah dilansir Antara, Sabtu, 9 Januari. 

Dia menceritakan, sekitar pukul 19.00 WIB air telah mulai menggenangi jalan di kawasan setempat. Sedangkan hujan, hingga pukul 21.00 WIB tak kunjung berhenti. Akibatnya air mulai merangsek masuk ke dalam rumah penduduk. 

"Melihat kondisi itu saya langsung memindahkan semua barang dan peralatan ke atas meja kompor agar tidak terkena air," katanya.

Hal sama juga dikatakan Doni (40) yang kediamannya turut digenangi air.  "Terpaksa harus memindah-mindahkan barang ke tempat yang lebih tinggi agar tidak terkena air," katanya.

Hingga pukul 00.00 WIB genangan air masih terjadi baik di kediaman Doni atau Syafrullah.

"Belum bisa diapa-apakan (rumah) karena air masih menggenang. Setelah surut nanti baru mulai dibersihkan," ujarnya.

Warga berharap agar pemerintah menjadikan banjir di Jondul Rawang sebagai perhatian karena merupakan kawasan langganan banjir.

Selain kawasan Jondul Rawang hujan juga mengakibatkan genangan di sejumlah ruas jalan utama di Padang, seperti Jalan Gajah Mada, Ahmad Yani dan Khatib.