47 Desa Terendam Banjir, Kabupaten Bekasi Tanggap Darurat Bencana
Banjir merendam Perumahan Villa Kencana Cikarang, Kecamatan Karang Bahagia, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).

Bagikan:

JABAR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi menetapkan status tanggap darurat bencana banjir hingga 12 Maret mendatang. Penetapan menyusul meluasnya banjir hingga 117 titik di 47 desa yang tersebar di 17 kecamatan.

"Saya menetapkan status tanggap darurat, artinya naik status dari yang sebelumnya. Jadi, bukan siaga 1 lagi, saat ini naik menjadi tanggap darurat," kata Penjabat (Pj) Bupati Bekasi Dani Ramdan di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Selasa 28 Februari, disitat Antara.

Dani menuturkan, penetapan status ini membuat seluruh perangkat daerah diterjunkan membantu penanggulangan bencana. Alokasi anggaran Biaya Tak Terduga (BTT) juga mulai disalurkan untuk operasional dan bantuan warga terdampak.

Seperti diketahui, sejak akhir pekan lalu Kabupaten Bekasi dilanda banjir.

Selain itu, longsor juga terjadi di satu titik, yakni di Kecamatan Cikarang Selatan. Sedikitnya 54.840 warga terdampak dan 4.092 warga terpaksa mengungsi.

Atas kondisi tersebut, status tanggap darurat juga diaktifkan berdasarkan Surat Keputusan Bupati Bekasi Nomor HK.02.02/Kep-227-BPBD/2023 tentang Status Tanggap Darurat Bencana Hidrometerologi di Kabupaten Bekasi tahun 2023.

Lebih lanjut, Dani mengatakan banjir terjadi lantaran saat ini memasuki puncak musim hujan. Hampir sepanjang hari hujan mengguyur Kabupaten Bekasi. Kondisi ini menyebabkan debit sungai meningkat hingga meluap dan merendam pemukiman warga.

Dani mengatakan bagi daerah yang terendam banjir, tidak ada pilihan lain selain mengevakuasi diri dan keluarga. "Ketahui jalur untuk evakuasi terlebih dahulu untuk menyelamatkan diri. Kemudian, menyelamatkan barang-barang berharga lain yang bisa diselamatkan," katanya.

Dia mengaku ada potensi banjir semakin meluas ditandai masih tingginya intensitas hujan. Dia mengimbau warga yang tidak terkena banjir untuk segera membersihkan saluran air yang tersumbat mengingat beberapa titik banjir diakibatkan saluran air yang tersumbat sampah.

"Untuk daerah yang di luar banjir dan masih bisa dimungkinkan, masyarakat bergotong-royong untuk memperbaiki saluran air terlebih dahulu, membersihkan saluran air agar tidak tersumbat," tandasnya.