Kapolri Besuk Kapolda Jambi di RS Bhayangkara Usai Dievakuasi
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prambowo saat memberikan keterangan kepada media di RS Bhayangkara Polda Jambi, Selasa (21/2/23).(ANTARA/Nanang Mairiadi).

Bagikan:

JAMBI - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membesuk korban kecelakaan helikoper Polairud di Tamiai Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci, di RS Bhayangkara.

"Saat ini para korban sedang menjalani perawatan setelah selama dua hari baru bisa di evakuasi tim gabungan melalui udara gunakan helikopter," katanya dilansir ANTARA, Selasa, 21 Februari.

Setelah membesuk Kapolda Jambi dan lima korban lainnya yang sudah di rawat di RS Bhayangkara Polda Jambi, kondisi mereka dalam keadaan sadar dan stabil namun masih perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut guna memastikan kondisinya.

Tim dokter akan melakukan pengecekan dan akan mengambil langkah-langkah apakah para korban tetap dirawat di RS Bhayangkara Jambi atau memang perlu dirujuk ke Jakarta, nanti semua keputusannya diambil oleh tim medis.

“Yang jelas kondisi para korban sudah mulai berangsur membaik setelah diambil tindakan di lokasi kejadian dan di rumah sakit ini dan mohon doanya agar Kapolda Jambi dan rombongannya bisa kembali pulih kondisinya,” kata Sigit.

Untuk luka para korban ada yang mengalami patah tulang dan luka lecet dan nantinya akan di evaluasi oleh tim medis RS Bhayangkara dan tim Dokkes Polda Jambi untuk diambil langkah selanjutnya.

Kapolri juga mengatakan, dari delapan orang korban kecelakaan helikopter Polairud Polda Jambi itu, baru enam orang termasuk Kapolda Jambi yang sudah dirawat di RS Bhayangkara sedangkan dua korban lainnya sementara dirawat di rumah sakit Merangin dan karena kondisi sudah malam maka sementara masih disana dan tetap akan dibawa ke Jambi.

Untuk bangkai helikopter Polairud bantuan Baharkam Polri digunakan pada 2003 dan selama ini secara rutin dilakukan perawatan akan tetap dievakuasi juga namun yang utama adalah para korban lebih dahulu dilakukan evakuasinya.

Kapolri juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim gabungan yang melaksanakan evakuasi termasuk pemerintah kabupaten dan provinsi yang turut serta membantu termasuk masyarakat Jambi yang sudah mendoakan terbaik untuk Kapolda Jambi dan rombongan yang terkena musibah kecelakaan helikopter di Kerinci.

Dari delapan korban kecelakaan helikopter itu yang sudah dirawat di RS Bhayangkara Polda Jambi adalah Kapolda Irjen Pol Rusdi Hartono, Dirreskrimum Kombes Pol Andri Ananta, Dirpolair Kombes Pol Michael Mumbunan, co pilot AKP Amos F Sitompul, ajudan kapolda Briptu Additya Muhardi Saputra dan pilot helikopter Polairud Polda Jambi AKP Ali Nurdin Harahap.

Sedangkan yang masih dirawat di RS Merangin dan besok direncanakan akan dibawa ke Jambi adalah Sispripim Kapolda Jambi Kompol Ayani dan mekanik Aipda Susilo.