Kapolri: Helikopter yang Ditumpangi Kapolda Jambi Layak Terbang
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo /FOTO: Tangkapan layar/Divisi Humas Polri

Bagikan:

JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono beserta rombongan masih layak terbang.

Pernyataan itu disampaikannya guna membantah isu ketidaklayakan helikopter sehingga mengalami masalah dan berujung dengan mendarat darurat di Bukit Tamiai.

"Helikopter yang selama ini dalam posisi secara perawatan masih layak untuk digunakan," ujar Sigit kepada wartawan di Jambi, 21 Februari.

Berdasarkan laporan, helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi itu terkendala cuaca buruk. Sehingga, mesti mendarat darurat di kawasan di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), Jambi.

"Karena memang cuaca buruk sehingga diperlukan pendaratan darurat," kata Sigit.

Selain itu, Kapolri menyebut bakal memeriksa seluruh kondisi helikopter yang dimiliki Polri. Sebab, tak dipungkiri ada beberapa helikopter yang sudah tua.

"Kita memang juga punya helikopter yang lama, buatan tahun 2000. Namun juga helikopter yang terbaru juga kita punya dan saat ini juga beberapa sedang berdatangan," kata Sigit.

Sebagai informasi, helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono berserta tujuh anggotanya mengalami kendala. Sehingga, mesti mendarat darurat.

Akibat kejadian itu, eks Karo Penmas Divisi Humas Polri itu mengalami luka parah, tangannya patah.

Saat ini, mereka semua telah dievakuasi dan sudah dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Jambi guna perawatan medis.