Gibran Jamin Penanganan Warga Korban Banjir Solo
Banjir di Kelurahan Jagalan Solo, Kamis (16/2/2023). ANTARA/HO-Dokumentasi warga

Bagikan:

SOLO - Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka memastikan warga terdampak banjir di daerah setempat dievakuasi dan mendapatkan lokasi pengungsian di tempat yang layak.

"Yang jelas sekolah dan kelurahan kami gunakan untuk pengungsian," kata Gibran  usai Upacara Hari Jadi ke-278 Kota Solo di Solo Safari, dilansir ANTARA, Jumat, 17 Februari.

Terkait dengan warga terdampak banjir yang sempat mengungsi di pinggir jalan, Gibran mengatakan hal itu terjadi karena sempat belum mendapatkan tempat mengungsi.

"Tidak ada warga yang sakit atau mengalami kesusahan atau kesulitan selama masa bencana," katanya.

Sementara itu, terkait dengan banjir hingga saat ini masih terjadi di beberapa titik, Gibran mengatakan masih terus memantau kondisinya. Termasuk limpahan air dari Waduk Gajah Mungkur dari Kabupaten Wonogiri.

"Habis ini saya langsung muter ke beberapa lokasi. Yang jelas kami pastikan makanan dan obat-obatan tersedia. Mudah-mudahan siang ini surut," katanya.

Gibran juga berupaya memastikan seluruh pompa air nyala sehingga air yang menggenangi pemukiman dapat segera surut.

"Saya sudah komplain ke BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai), ini nanti ditindaklanjuti. Yang jelas kalau misalnya dapat limpahan air dari Wonogiri hendaknya koordinasi. Kami antisipasi lagi," kata dia.