Bagikan:

YOGYAKARTA - Amnesty International (AI), organisasi nonpemerintah internasional (LSM) didirikan di London pada 28 Mei 1961, yang berupaya mempublikasikan pelanggaran oleh pemerintah dan entitas hak lainnya yang diakui dalam Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia (1948), khususnya kebebasan berbicara dan hati nurani dan hak melawan penyiksaan. Lalu apa itu amnesty International?

Apa Itu Amnesty International

Amnesty International secara aktif mengupayakan pembebasan tahanan politik dan bantuan, bila perlu, keluarga mereka. Ini juga bekerja dengan badan hak asasi manusia antar pemerintah untuk memperluas dan menegakkan perlindungan hak asasi manusia dalam hukum internasional.

Sejarah Amnesty International

Pada tahun 1977 AI dianugerahi Hadiah Nobel untuk Perdamaian. Pada awal abad ke-21, organisasi ini terdiri dari seksi-seksi nasional, atau kantor-kantor, di lebih dari 50 negara dan sekitar tiga juta anggota individu, donor, dan aktivis yang berafiliasi di lebih dari 150 negara dan wilayah. Logonya berupa lilin menyala yang dibungkus kawat berduri. Markas besarnya ada di London.

Organisasi ini didirikan melalui upaya utama dari pengacara Inggris Peter Benenson, yang membela tahanan politik di Hungaria, Afrika Selatan, dan Spanyol dan yang berusaha untuk mendirikan badan kolektif untuk kemajuan hak asasi manusia. Dari tahun 1961 hingga 1975 ketua AI adalah Seán MacBride, yang merupakan penerima Hadiah Nobel Perdamaian tahun 1974.

AI mengungkap pelanggaran hak asasi manusia oleh pemerintah, kelompok politik bersenjata, perusahaan, dan aktor nonnegara lainnya dalam buletin, laporan tahunan, dan makalah latar belakang. Ini sangat bergantung pada distribusi "kelompok adopsi" di seluruh dunia, yang masing-masing, dikelola oleh tiga hingga delapan orang, menangani sejumlah kasus tahanan hati nurani dan menyerang pemerintah yang melanggar dengan surat protes sampai para tahanan dibebaskan. Kegiatan lain termasuk mengorganisir demonstrasi dan berjaga, mensponsori pendidikan hak asasi manusia, dan menyebarkan petisi dan peringatan online. 

Departemen penelitian di kantor pusat AI London berhubungan dengan aktivis hak asasi manusia dan pihak berkepentingan lainnya di seluruh dunia dan menyediakan jaringan informasi untuk semua publikasi dan aktivitas organisasi.

AI diatur oleh komite eksekutif internasional yang dipimpin oleh seorang ketua. Anggota komite eksekutif dipilih untuk masa jabatan empat tahun pada pertemuan dua tahunan Dewan Internasional, yang terdiri dari wakil-wakil dari semua bagian nasional. Operasi sehari-hari organisasi diawasi oleh sekretariat internasional yang dipimpin oleh seorang sekretaris jenderal, yang ditunjuk oleh komite eksekutif.

Jadi setelah mengetahui apa itu amnesty International, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!