Pantauan Udara, Dirjen Hubdat: Sebaiknya Pulang Sebelum Macet
Dirjen Hubdat Budi Setiyadi (dok. Humas Kemenhub)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memantau langsung puncak arus balik libur Tahun Baru 2020. Diperkirakan, lonjakan arus balik akan terjadi, pada Minggu malam. 

"Hingga hari ini, Minggu (3/1) pagi, lonjakan lalu lintas sudah naik namun belum signifikan. Dapat diprediksikan puncak arus balik akan terjadi di malam hari hingga menjelang pagi hari, tapi pastinya tidak akan sepadat seperti hari libur biasanya," jelas Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Budi Setiyadi, Kamis, 31 Desember. 

Berdasarkan pantauan udara di Posko Nataru Cikopo, terjadi pergerakan mudik keluar Jabodetabek sebanyak 523.520 kendaraan dari Gerbang Tol Cikampek Utama, Kalihurip Utama, Cikupa dan Ciawi.

Oleh karena itu, ia juga mengimbau masyarakat agar mengatur waktu kepulangannya agar tidak terkena kemacetan di jalan dan sedapat mungkin menghindari perjalanan pulang pada puncak arus balik.

Ia melanjutkan, berdasarkan data yang tersedia dapat terlihat bahwa kondisi lalu lintas sangat kondusif dan tidak seramai liburan sebelumnya. Hal ini menunjukkan banyak masyarakat yang mengikuti imbauan Pemerintah dan Satgas covid-19 untuk tidak berpergian, terutama apabila tidak ada urgensi yang tinggi. 

"Saya tadi sempat melakukan overview menggunakan helikopter untuk memantau lalu lintas di daerah Puncak, Jawa Barat dan sekitarnya, hasilnya terpantau lancar, saya kira hal ini disebabkan masyarakat mulai sadar kalau ini bukan waktu yang baik untuk berpergian," lanjutnya