Wagub Jabar Uu Ruzhanul Cek Kemanfaatan Situ Bagendit Usai Direvitalisasi
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum meninjau perkembangan Situ Bagendit pasca revitalisasi di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Senin (13/2/2023). (ANTARA/HO-Pemprov Jabar)

Bagikan:

GARUT - Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum mengecek langsung perkembangan dan kemanfaatan objek wisata danau Situ Bagendit di Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut bagi masyarakat setelah dilakukan revitalisasi wisata tersebut.

"Kunjungan saya ke sini tujuannya evaluasi destinasi wisata yang dibangun, apakah ada efek domino kemanfaatan, khususnya peningkatan pendapatan masyarakat," kata Uu Ruzhanul Ulum saat meninjau objek wisata Situ Bagendit di Garut dilansir ANTARA, Senin, 13 Februari.

Uu bersama jajaran pejabat pemerintah daerah meninjau perkembangan Situ Bagendit setelah revitalisasi yang dilakukan oleh pemerintah pusat, dan dukungan dari pemerintah daerah.

Revitalisasi objek wisata itu, kata dia, mempunyai tujuan untuk meningkatkan daya tarik wisata di kawasan Banyuresmi, Kabupaten Garut yang akhirnya bisa mendongkrak kunjungan wisatawan.

"Dulu becek sekarang rapi, pedagang juga tadi ngaku ramai, banyak pengunjung yang ke sini, oleh karena itu saya sampaikan kepada masyarakat, pembangunan destinasi wisata punya makna luar biasa," katanya.

Menurut dia tempat wisata yang menyajikan lingkungan nyaman, dan aman akan membuat pengunjung tertarik dan terus berdatangan yang akhirnya bisa menggeliatkan perekonomian masyarakat setempat.

Selain itu, lanjut dia, keberadaan wisata di Garut maupun di Provinsi Jabar bisa menjadi sarana rekreasi yang terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat, sehingga bisa meningkatkan indeks kebahagiaan warga.

"Beberapa daerah yang saya kunjungi setelah dilakukan pembangunan (ruang publik) ada pendapatan karena pengunjungnya banyak, kenapa pengunjung banyak karena ada fasilitas," kata mantan Bupati Tasikmalaya itu.

Alasan lain meninjau ke Situ Bagendit untuk menyerap aspirasi dari berbagai pihak, di antaranya pemerintah desa, pedagang, dan unsur masyarakat lainnya untuk memajukan wisata dan lebih memberikan manfaat bagi masyarakat.

Aspirasi yang disampaikan dari unsur pemerintah desa, kata Uu, ingin makin banyak masyarakat yang diberdayakan di kawasan wisata Situ Bagendit. Sedangkan dari pelaku usaha mikro, kecil dan menengah ingin mendapatkan bantuan permodalan.

Setelah menyerap aspirasi, Uu mengingatkan juga kepada masyarakat untuk memelihara destinasi wisata yang sudah direvitalisasi agar tetap nyaman, salah satunya menjaga kebersihan, dan fasilitas agar tidak rusak.

"Masyarakat diminta memelihara dan merawat maksimal, jangan digunakan yang tidak baik apalagi dipakai maksiat," katanya.