Dampak Gempa Turki, 3.553 Warga Suriah Meninggal Dunia
Gempa dahsyat yang terjadi di Turki Selatan pada Senin 6 Februari membawa konsekuensi buruk bagi warga Suriah. (foto: dok. antara)

Bagikan:

JAKARTA -Data baru Sabtu 11 Februari menunjukkan bahwa bencana gempa dahsyat yang terjadi di Turki Selatan pada Senin 6 Februari pagi juga membawa konsekuensi buruk bagi warga Suriah. Kementerian Kesehatan Suriah melaporkan bahwa sedikitnya 3.553 warga Suriah meninggal dunia dan ribuan lainnya terluka.

Menurut laporan, sebanyak 1.387 orang tewas di Provinsi Aleppo, Latakia, Hama, dan Tartus, sementara 2.326 orang lainnya menderita luka. Pertahanan Sipil Suriah menyatakan bahwa 2.166 orang tewas dan lebih dari 2.950 orang lainnya terluka di daerah yang dikuasai oleh oposisi di barat laut Suriah.

Banyak bangunan rusak atau hancur di wilayah yang dikuasai oposisi di utara Suriah, tim penyelamat kini sedang berjuang untuk mencari korban selamat. Pemerintah Suriah dan organisasi internasional sedang berupaya membantu korban dan memulihkan kondisi setelah bencana.

Warga Suriah yang selamat kini hidup dalam keprihatinan dan ketakutan akan dampak jangka panjang dari gempa ini. Kebutuhan akan bantuan medis, pengungsian, dan bantuan makanan semakin penting untuk membantu mereka memulihkan hidup mereka.