Bagikan:

SURABAYA - Dukungan terhadap Anies Baswedan sebagai calon presiden kembali disuarakan. Terbaru, DPW Partai Ummat Jawa Timur menyatakan dukungan untuk Anies Baswedan di Pilpres 2024.

"Kalau saya sendiri ingin Pak Anies harus menggandeng Ibu Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, jika ingin besar dan menang di Jatim. Untuk nama Khofifah ini belum menjadi sikap resmi partai, baru nama capres yang resmi," kata Ketua DPW Partai Ummat Jatim Sardjono di Surabaya, Jumat, 10 Februari.

Menurut Sardjono, partainya menggodok tiga nama tokoh pada Pilpres 2024 mendatang. Ada Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. Dari tiga nama itu, diputuskan dukungan untuk Anies sebagai capres.

"Dari tiga nama itu, Pak Anies yang memenuhi empat kriteria, yakni Sidiq, Amanah, Tabligh dan Fatonah sehingga kami seluruh pengurus Partai Ummat Jatim, memutuskan mendukung Pak Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024," katanya. 

Usulan nama Anies Baswedan itu, kata Sardjono, akan dibawa ke Rakernas I Partai Ummat pada 13-15 Februari 2023 di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta.

"Pembahasan utama kami memang untuk bakal capres. Partai Ummat menyadari belum memiliki kursi di parlemen, dan tidak bisa mengusulkan nama wakil seperti partai lainnya," ujarnya.

Hari ini Partai Ummat Jatim melangsungkan silaturahmi dengan Forum Komunikasi Relawan Anies Baswedan for President RI. Di antaranya adalah elemen relawan JARNAS GASS, P24, AP24, Sobat Anies, ANIES, ARAS dan SKI.

"Kami tadi banyak berbincang mengenai kondisi bangsa, khususnya kepemimpinan nasional beserta kriteria kepemimpinan yang akan membawa kemaslahatan bangsa, rakyat dan ummat," katanya.

Partai Ummat Jatim akan membawa aspirasi internal kader dan eksternal untuk mengajukan nama Anies Baswedan menjadi capres yang turut didukung oleh Partai Ummat di Rakernas I Partai Ummat di Jakarta.

"Jika nanti Majelis Syuro dan DPP Partai Ummat betul-betul merealisasikan dukungan terhadap pencapresan Bapak Anies Baswedan, maka kami DPW Partai Ummat Jawa Timur beserta seluruh DPD, DPC dan DPRt Partai Ummat se-Jawa Timur akan bahu membahu dengan Forkom Relawan Anies Baswedan untuk memenangkan Anies di wilayah Jawa Timur dan di Indonesia pada umumnya," ujarnya