6 Jenderal Dilantik Jadi Pejabat Struktural, Ketua KPK: Masyarakat Ingin Indonesia Bebas Korupsi
Ketua KPK Firli Bahuri (Foto: Humas KPK)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri mengatakan masyarakat Indonesia ingin hidup di negara yang bebas dari korupsi. Sehingga, dia berharap seluruh pegawainya dapat bekerja keras untuk mewujudkan hal tersebut.

Pernyataan tersebut dia ungkapkan saat memberikan arahan usai melantik 38 pejabat struktural di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan.

"Masyarakat ingin Indonesia bebas korupsi. NKRI bebas dari korupsi bukan hanya mimpi tapi kita harus wujudkan bersama dengan segenap masyarakat," kata Firli seperti dikutip dari acara yang ditayangkan di YouTube KPK RI, Selasa, 5 Januari.

Eks Deputi Penindakan ini mengatakan, KPK memiliki tugas pokok yang makin bertambah berdasarkan visi dan misi yang telah ditetapkan. Hal inilah yang lantas membuat komisi antirasuah menerbitkan dan mengundangkan Peraturan Komisi Nomor 7 Tahun 2020 tentang Organisasi Tata Kerja KPK.

Dia berharap perubahan struktur di internal ini, akan membuat KPK bisa menjawab tuntutan rakyat, yaitu menciptakan negara yang bebas korupsi.

 

Lebih lanjut, Firli tak menampik jika kondisi bangsa ini sedang tak menguntungkan di tengah pandemi COVID-19. Namun, hal ini harusnya bisa menjadi tantangan bersama khususnya KPK dituntut untuk terus melakukan pengawasan terhadap program pemerintah

"Pemerintah telah membuat kebijakan terkait dengan program bantuan jaringan sosial, kebijakan penanganan pandemi COVID-19 dan kebijakan pemulihan ekonomi nasional," ujarnya.

Pelantikan Pejabat KPK (Foto: Wardhany/VOI)

Diberitakan sebelumnya, Firli telah melantik 38 orang di struktural baru KPK dan enam di antaranya merupakan jenderal polisi yang duduk di jabatan strategis yaitu Irjen Karyoto sebagai Deputi Bidang Penindakan dan Eksekusi KPK.

Selanjutnya, Brigjen Didik Agung Widjarnako, Brigjen Yudhiawan, dan Brigjen Bahtiar Ujang Purnama yang masing-masing dilantik sebagai Direktur Koordinasi Supervisi I, II, dan III KPK. Kemudian Brigjen Kumbul Kuswidjanto Sudjadi dilantik menjadi Direktur Pembinaan Peran Serta Masyarakat KPK dan Brigjen Agung Yudha Wibowo sebagai Direktur Monitoring KPK.Irjen Karyoto sebagai Deputi Bidang Penindakan dan Eksekusi KPK.

Selanjutnya, Brigjen Didik Agung Widjarnako, Brigjen Yudhiawan, dan Brigjen Bahtiar Ujang Purnama yang masing-masing dilantik sebagai Direktur Koordinasi Supervisi I, II, dan III KPK. Kemudian Brigjen Kumbul Kuswidjanto Sudjadi dilantik menjadi Direktur Pembinaan Peran Serta Masyarakat KPK dan Brigjen Agung Yudha Wibowo sebagai Direktur Monitoring KPK.