Semarak Cap Go Meh, Ritual Naga Buka Mata Digelar di Vihara Singkawang
Suasana tempat pelaksanaan ritual naga buka mata dalam rangkaian perayaan Cap Go Meh di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Jumat (3/2/2023). (ANTARA)

Bagikan:

PONTIANAK - Perayaan Cap Go Meh di Singkawang dibuka dengan ritual naga buka mata dilakukan pada sembilan replika naga buatan Santo Yosep Singkawang Group di Vihara Tri Dharma Bumi Raya.

Warga dari dalam dan luar Kota Singkawang menyaksikan pelaksanaan ritual yang dipercaya dapat mendatangkan berkah dan menghindarkan dari malapetaka tersebut.

"Ritual buka mata ini dilakukan supaya selalu dilimpahkan berkah berupa kesehatan dan keamanan bagi masyarakat," kata Ketua Pembuatan Sembilan Replika Naga, Bong Sin Fo, dikutip ANTARA, Jumat 3 Februari.

Menurut dia, pelaksanaan ritual tersebut juga dimaksudkan untuk mendatangkan roh dewa naga ke replika naga yang akan digunakan untuk atraksi.

"Dengan sudah dibukanya mata naga ini, diharapkan naga yang berkeliling kota dapat mengusir roh-roh jahat dan menolak bala, sehingga masyarakat senantiasa dalam keadaan aman, nyaman, dan tentram," katanya.

Usai menjalani ritual buka mata, sembilan replika naga dibawa ke klenteng yang berada di Jalan Ponegoro dan Jalan GM Situt.

Selanjutnya replika naga akan dibawa kembali ke Pucuk Merah Garden Singkawang dan dipersiapkan untuk pelaksanaan pawai lampion pada Jumat malam.