Soal <i>Reshuffle</i> Kabinet Besok, Jokowi: Sore Saya ke Bali
Presiden Jokowi/FOTO via Instagram @jokowi

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) ogah bicara banyak soal rencana perombakan atau reshuffle kabinet yang dikabarkan bakal dilakukan besok, Rabu, 1 Februari.

Kepada wartawan, Jokowi justru mengatakan berencana melakukan kunjungan kerja ke Bali pada Rabu sore. Sementara untuk agenda di pagi hari, Jokowi tak banyak bicara.

"Oh ya, besok, besok sore saya di Bali," kata Jokowi di Jakarta, Selasa, 31 Januari.

Saat disinggung jika Rabu besok adalah Rabu Pon berdasarkan hari penanggalan Jawa, Jokowi malah berkelakar.

"Kamisnya Wage kalau enggak salah," ujarnya.

Tak ada pernyataan lain yang disampaikan Jokowi terkait reshuffle. Sambil tertawa, Jokowi itu hanya meminta semua pihak menunggu.

"Ya ditunggu saja besok, ditunggu saja besok. Ditunggu besok saja (ada atau tidaknya reshuffle, red)," ungkap Jokowi.

"Rabu Pon besok, Kamisnya, Kamis Wage," sambungnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan Presiden Jokowi akan mengawali aktivitasnya besok Rabu Pon dengan menhadiri Mandiri Investment Forum yang diselenggarakan PT Bank Mandiri Tbk bersama Mandiri Sekuritas.

"Pagi ke Mandiri Investment Forum, siang intern, sore ke Bali," kata Bey di kompleks Istana Negara, Jakarta, Selasa 31 Januari.

Sebelumnya, Jokowi mengindikasikan adanya sinyal perombakan kabinet dalam beberapa kesempatan. Pada 23 Desember 2022, Jokowi menjawab terdapat kemungkinan reshuffle sembari meminta semua pihak menunggu.

Begitu juga saat meninjau Pasar Tanah Abang, Jakarta, pada 2 Januari. "Ya tunggu saja," kata Jokowi saat itu, disitat Antara.

Sebagai informasi, reshuffle pertama kali berembus karena ada desakan terhadap menteri-menteri asal Partai NasDem. Penyebabnya, partai tersebut telah mendeklarasikan akan mengusung Anies Baswedan sebagai Capres 2024.