Dirjen Bina Adwil Kemendagri Bakal Terus Galakkan Program Penanggulangan COVID-19 di 2021
Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan (Bina Adwil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Safrizal ZA. (Foto: Istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan (Bina Adwil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Safrizal ZA menyatakan akan terus menggalakkan program penanggulangan COVID-19 pada 2021.

Untguk itu dia meminta agar Satpol PP, Sat Linmas, serta kekuatan kewilayahan bisa terus membantu penanganan risiko penyebaran virus corona. Safrizal meminta agar Satpol PP dan Damkar memberi atensi pada objek vital terkait dengan penanganan pandemi seperti laboratorium, ataupun tempat penyimpanan vaksin.

"Pastikan lokasi yang saya sebutkan itu terbebas dari risiko kebakaran," ucapnya dalam Rapat Koordinasi (rakor) refleksi akhir tahun 2020 dan Proyeksi Kesiapan tahun 2021 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), Camat dan Lurah se-Indonesia, Rabu 30 Desember.

Safrizal menambahkan, pihaknya juga menggarisbawahi pentingnya sinergi antar lembaga dalam mempercepat penanganan pandemi COVID-19. Ia menekankan, soal pentingnya publikasi, sosialisasi, dan komunikasi yang baik agar masyarakat tidak terpengaruh oleh kabar bohong atau hoaks soal COVID-19.

"Penanganan COVID-19 bisa gagal gara-gara hoaks yang disebarkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab," tegasnya.

Sekretaris Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan (Sesditjen Adwil) Indra Gunawan menyatakan bahwa semua pihak diharapkan agar berpartisipasi aktif dalam mendukung vaksinasi COVID-19 yang rencananya dilangsungkan pada tahun depan.

"Harapan kami dari Kemendagri, apabila nanti Bapak-Ibu dilibatkan menjadi kepanitiaan untuk berpartisipasi aktif. Sekecil apapun sumbangan kinerja untuk menyehatkan masyarakat di sekeliling kita," pungkasnya.