1 SLB Bakal Dibangun di Manokwari Selatan, 50 Guru Dipersiapkan dari Yogyakarta
Ilustrasi. Bangunan SMPN 27 Manokwari, Papua. (ANTARA-Tri Adi Santoso)

Bagikan:

PAPUA - Provinsi Papua Barat akan menambah satu sekolah luar biasa (SLB) di Kabupaten Manokwari Selatan pada tahun ini.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Papua Barat Barnabas Dowansiba mengatakan, pihaknya akan mempergunakan 50 guru dari Yogyakarta untuk memenuhi sumber daya manusia (SDM) pendidik di sekolah khusus itu

"Kita sekolahkan guru-guru SLB ke Yogyakarta untuk disiapkan khusus memenuhi kebutuhan guru di SLB yang akan dibuka di Manokwari Selatan," katanya di Manokwari, Selasa, 24 Januari, disitat Antara.

Untuk pengoperasian SLB yang baru, Disdik akan berkoordinasi dengan SLB Panca Kasih di Kabupaten Manokwari yang telah lebih dahulu beroperasi.

"Kita menunggu dari SLB Panca kasih di Manokwari, untuk operasional awal apakah bisa dilakukan di tahun ini atau justru tahun depan. Yang terpenting adalah tenaga manusianya," katanya.

Selain di Manokwari Selatan, Pemprov Papua Barat juga sudah mendapatkan usulan dari Kabupaten Fakfak dan Kaimana untuk pembangunan SLB di wilayah mereka.

"Selanjutnya Kabupaten Fakfak dan Kaimana, karena mereka sudah menyiapkan lokasi untuk pembangunan untuk anak-anak berkebutuhan khusus di sana," katanya.

D iwilayah Papua Barat saat ini hanya memiliki satu SLB di Kabupaten Manokwari, sementara untuk wilayah yang jauh dari jangkauan sekolah tersebut seperti Kabupaten Kaimana, Fakfak, Wondama dan Bintuni belum memiliki SLB.

SLB diperuntukkan bagi siswa berkebutuhan khusus dengan sistem satu atap SD, SMP, dan SMA yang disesuaikan dengan usia siswa.