Polisi Tangkap Pasutri Pencuri Tas Gucci, Sepatu Adidas di Rumah Valerie Thomas
Polisi merilis kasus pencurian di rumah Jeremy Thomas, ayah Valerie Thomas (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Polisi menangkap asisten rumah tangga (ART) berstatus suami istri yang melakukan pencurian di rumah aktor peran Jeremy Thomas, ayah Valerie Theresa Thomas di Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Kapolsek Cilandak AKP Iskandarsyah menyebut pasangan suami istri tersebut melakukan pencurian dengan modus menjadi ART.

"Korban pencurian dari pemilik barang-barang ini adalah aktor Jeremy Thomas," kata AKP Iskandarsyah dikutip Antara, Selasa, 29 Desember.

Sementara itu, Kanit Reskrim Polsek Metro Cilandak, AKP I Komang Agus D.W menjelaskan, penangkapan kedua pelaku berawal dari laporan Jeremy Thomas tanggal 3 Desember 2020. Jeremy ayah Valerie Thomas melaporkan kehilangan sejumlah barang setelah sepasang ART tersebut kabur dari rumahnya.

Barang-barang tersebut, di antaranya tas bermerek Gucci seharga Rp80 juta, sepatu merek Adidas, ponsel dan jaket milik Axel, anaknya Jeremy Thomas.

"Pelaku ada dua orang, MAB, laki-laki berusia 26 tahun dan istrinya MLT berusia 23 tahun," kata AKP Komang.

Kedua pelaku ditangkap terpisah pada 17 Desember. MAB ditangkap di rumahnya di wilayah Tegal, Jawa Tengah. Sedangkan istrinya MLT ditangkap di kontrakannya di wilayah Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Komang menyebutkan, kedua pelaku bekerja sebagai ART di rumah Jeremy Thomas kurang lebih selama tiga bulan. Keduanya mendaftar lewat agensi penyalur ART yang dikenal oleh Jeremy Thomas.

"Modus pelaku, melamar kerja sebagai ART, mereka bekerja kurang lebih tiga minggu," kata Komang.

Pencurian dilakukan pada 26 November 2020, pelaku berbagi peran. Modus operandi, sebelum melakukan aksinya, pelaku melihat situasi kondisi korban yakni keluarga Jeremy Thomas, begitu pemilik lengah, kedua pelaku melakukan aksinya.

"Peranan MAB mengawasi korban, begitu tidak ada di kamar, perintahkan istrinya MLT untuk ambil barang, lalu dikumpulkan disimpan di garasi," katanya.

Barang-barang tersebut diambil pelaku tidak sekaligus, dikumpulkan satu-satu. Setelah barang curian terkumpul keduanya lalu kabur meninggalkan rumah majikannya.

Jeremy Thomas mengaku awalnya tidak tahu barang-barang milik keluarganya telah dicuri. Berawal saat salah seorang asisten rumah tangganya bernama Enci, melaporkan telah kehilangan ponsel miliknya.

"Saya kenal sekali Enci sudah sejak kecil bekerja dengan saya, sudah delapan tahun. Tiba-tiba nangis lapor kehilangan HP-nya, lalu anak perempuan saya juga melapor kehilangan tas hadiah ulang tahunnya," kata Jeremy Thomas.

Mengetahui banyak laporan soal kehilangan barang yang dialami anggota keluarganya, Jeremy lalu membuat laporan polisi ke Polsek Metro Cilandak.

Jeremy juga mengaku belum mengetahui pasti barang apa saja yang telah dicuri, selain yang dilaporkan oleh keluarganya.

Saat pelaku ditangkap beserta barang bukti yang berhasil diamankan, Jeremy mengaku kaget. Ternyata anting bermata berlian dan anting emas milik istrinya juga ikut dicuri.

"Saya juga kaget, baru lihat juga barang-barangnya, ada tas fitnes saya, baju bisnis anak saya, sepatu, tas hadiah ulang tahun putri saya," kata Jeremy.

Polisi menaksir, total kerugian dari barang yang dicuri oleh kedua pelaku bernilai kurang lebih Rp100 juta.