Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPR sekaligus Ketua DPP PDIP, Puan Maharani, menyebut partainya sudah memiliki calon presiden (capres) yang akan diusung pada Pemilu 2024 mendatang.

Nama capres tersebut, hanya tinggal diumumkan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dalam waktu dekat ini. 

Partai Amanat Nasional (PAN) menyambut baik pernyataan Puan terkait pengusungan capres oleh PDIP. PAN menganggap, sikap politik PDIP menjadi kunci konfigurasi politik Pilpres 2024 yang berpengaruh terhadap sikap partai-partai politik. 

"Sikap politik PDI Perjuangan adalah kunci yang menentukan konfigurasi politik di Pilpres 2024. Siapa yang akan diusung sebagai calon presiden akan menjadi bagian penting dalam proses pasang-memasangkan calon presiden dan cawapres bagi parpol lainnya," ujar Waketum PAN, Viva Yoga Mauladi, kepada VOI, Senin, 9 Januari. 

Menurut Viva, siapa pun figur yang akan diusung oleh PDIP, itu adalah pilihan terbaik bagi partai berlambang banteng tersebut. Terlebih, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto sudah memberikan bocoran bahwa di HUT PDIP besok akan ada kejutan yang diumumkan Megawati. 

"Kalau mas Hasto bilang ada kejutan, maka bisa jadi PDIP akan mengumumkan pencapresan," kata Viva. 

"Dan jika benar, maka tentu akan menjadi bagian penting dari peta kompetisi di pilpres. Berpengaruh terhadap semua parpol, bukan hanya PAN," sambungnya. 

"Apalagi ini mbak Puan, maka pasti akan ada yang super kejutan, hehe...," katanya lagi. 

Lantas apakah Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri dari PAN, Golkar dan PPP akan segera mendeklarasikan capresnya usai PDIP mengumumkan nama? 

Terkait hal ini, Viva mengatakan, bahwa KIB tidak akan terburu-buru ikut mengumumkan nama capres. Nama capres dan cawapres, kata dia, akan diumumkan segera apabila sudah ada kesepakatan di internal KIB.   

"Ya, KIB mah santai saja. Pasti segera diumumkan," jelas Viva. 

Sebelumnya, Puan Maharani mengatakan PDIP sudah mengantongi nama capres yang bakal diusung dalam Pilpres 2024. Nama capres itu sudah disimpan Megawati.

"Ibu ketua umum sudah punya nama di kantongnya, tinggal diumumin," kata Puan saat bicara di Bimbingan Teknis (Bimtek) anggota DPRD PDIP se-Indonesia di kawasan Jakarta Pusat, Senin, 9 Januari.

Namun, Puan menyebutkan, pengumuman terkait sosok pemimpin yang akan diusung partainya masih menunggu waktu yang tepat.

"Jadi enggak usah bingung pusing kayaknya ini kayaknya itu si ini ya si itu ya. Sudah, lurus saja kerja kerja kerja di lapangan. pada waktunya tunggu tanggal mainnya. Ibu ketua umum sudah punya nama di kantongnya, tinggal diumumin," beber Puan. 

"Jadi enggak udah nengok kiri kanan, ga usah bingung harus si ini harus si itu. kayaknya kayaknya si ini kayaknya si itu surveinya tinggi ya si ini kayaknya cocok sama si ini," katanya.