Rencana Jusuf Kalla Jadikan Jakarta Lokasi Mediasi Taliban-Afghanistan
JK dalam salat Jumat bersama Ghani (HO-Ade Danhur/Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK) menyatakan siap memediasi perundingan antara pemerintah Afghanistan dan kelompok Taliban. JK yakin perundingan jadi langkah penting wujudkan perdamaian di Afghanistan.

JK, dalam pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat, 25 Desember menyatakan rencananya mengundang pihak yang berkonflik itu untuk berdialog di Jakarta. "Tentunya untuk perdamaian kita selalu bersedia untuk membantu."

Sebelumnya, Ghani menjamu Wakil Presiden RI ke-10 dan 12 itu di Gulkhana Palace, Kompleks Istana Kepresidenan Afghanistan di Kabul, Kamis malam, 24 Desember. Dalam pertemuan tersebut Ghani secara tegas meminta JK untuk memimpin perundingan damai tersebut.

Selanjutnya, pada hari ini, Presiden Afganistan Ashraf Ghani dan Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK) menunaikan salat Jumat bersama di Masjid ARG Palace, Komplek Istana Kepresidenan Afghanistan, Kabul.

Kehadiran JK di Afghanistan membawa serta Hamid Awaluddin yang merupakan Ketua Juru Runding Helsinki untuk Perdamaian Aceh.

Selama berada di Kabul, JK juga telah berdiskusi dan bertukar pikiran tentang perdamaian dengan Menteri Urusan Haji dan Agama Afghanistan, Muhammad Qosim Halimi, Menteri Luar Negeri, serta Tim Juru Runding Afghanistan.