Bagikan:

JAKARTA - Beredar rekaman video yang menampilkan kepulan asap di sekitar kawasan Stadion Gelora Bung Karno. Asap itu disebut-disebut dalam video, berasal dari tembakan gas air mata.

Berdasarkan video berdurasi 22 detik, menampi;kan kondisi di salah satu pintu masuk kawasan Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat.

Tak lama kemudian, nampak kepulan asap dari arah jalan yang disertai iring-iringan anggota polisi dengan sepeda motornya.

Terdengar jelas, perekam video menyebut kepulan asap itu berasal dari tembakan gas air mata.

"Gas air mata, gas air mata," sebut perekam video dikutip VOI, Jumat, 6 Januari.

Kepulan asap itu muncul sebelum berlangsungnya pertandingan sepakbola tim nasional Indonesia melawan Vietnam dalam ajang Piala AFF 2022.

Dikonfirmasi terpisah, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E. Zulpan membantah soal kepulan asap bersumber dari tembakan gas air mata. Sebab, personel yang disiagakan tak dibekali gas air mata.

"Iya kita sudah cek di sana, bukan (gas air mata, red)," sebut Zulpan.

Hasil dari pemeriksaan, kepulan asap itu bersumber dark flare yang kerap digunakan para suporter sepakbola.

Saat ini, situasi dan kondisi sudah aman terkendali. Masyarakat yang hendak menyaksikan langsung laga tim nasional Indonesia diminta untuk selalu menaati aturan.

"Kita umbau itu nggak boleh. itu kan mengganggu juga ya. kan kita imbau juga agar penonton jaga suportifitas," kata Zulpan