Ogah Kecolongan Lagi, Polisi Bakal Perketat Pengamanan Timnas Vietnam
Suporter Timnas Indonesia. (Twitter PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Polda Metro Jaya bakal menerapkan pengawalan ketat bagi Timnas Vietnam yang akan berlaga kontra Timnas Indonesia dalam ajang Piala AFF 2022 di Stadion Glora Bung Karno Jakarta.

Pengawalan dilakukan guna mencegah aksi pelemparan terulang kembali seperti yang menimpa bus skuad Timnas Thailand beberapa waktu lalu.

"Kendaraan pemain Vietnam agar Tidak terulang kejadian seperti kemarin Thailand yang sempat kacanya dilempar, itu nanti kita akan melakukan pengawalan," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E. Zulpan kepada wartawan, Kamis, 5 Januari.

Zulpan bilang, pengawalan akan mulai diterapkan dari tempat menginap para pemain hingga Stadion Gelora Bung Karno. Pengawalan akan menggunakan kendaraan taktis.

"Mungkin nanti sejak keberangkatan nya dari hotel itu disamping dikawal pakaian mobil lalu lintas pengawalan nanti bis pemain Vietnam dan official-nya itu dikawal pakai kendaraan rantis Brimob," katanya.

"Kemudian begitu masuk area GBK. Nanti juga ada anggota yang sudah disiapkan, anggota dari Brimob dan Samapta untuk mengamankan kedatangan bus. Sehingga diharapkan dengan kehadiran anggota yang dipersiapkan itu tidak bisa nanti penonton atau suporter yang mendekat ke bus tersebut," sambung Zulpan.

Di sisi lain, dalam skema pengamanan secara keseluruhan Polda Metro Jaya dan pihak terkait mengerahkan 3.624 personel. Rinciaannya, 3.281 anggota polisi, 212 personel TNI, dan 131 personel dari pemerintah daerah.

"Anggota Brimob berseragam tapi tidak bersenjata 100 itu di lorong lorong, jadi mengelilingi stadion. Kemudian ada juga 100 yang berpakaian preman anggota kita jumlahnya 200 totalnya," kata Zulpan.

Sebagai informasi, Timnas Indonesia akan menjamu Timnas Vietnam di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta. Laga semifinal Piala AFF 2022 itu akan digelar Jumat 6 Januari sore nanti.