Beruntung Ada Kapal Melintas, 10 ABK KM Mekar Jaya yang Tenggelam di Laut Jawa Berhasil Dievakuasi ke Tanjung Pandan
ABK Kapal yang dievakuasi (Foto: VIA ANTARA)

Bagikan:

BELITUNG - Sepuluh awak KM Mekar Jaya, yang mengalami kecelakaan di Laut Jawa, dievakuasi oleh awak KM Bandar Bestari 05 ke pelabuhan Tanjung Pandan di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung siang tadi. 

Koordinator Keselamatan Berlayar, Penjagaan, dan Patroli Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Tanjung Pandan Iswandi menyampaikan, anak buah kapal (ABK) tersebut diselamatkan oleh awak KM Bandar Bestari 05 yang sedang menuju ke Tanjung Pandan.

"Diselamatkan oleh ABK KM Bandar Bestari menuju ke pelabuhan Tanjung Pandan dan tiba pukul 11.00 WIB tadi," katanya di Tanjung Pandan, Antara, Kamis, 5 Januari. 

Ia menjelaskan bahwa KM Mekar Jaya yang berangkat dari Tangerang untuk mencari ikan dilaporkan tenggelam di Laut Jawa saat kondisi cuaca buruk pada Rabu kemarin pukul 02.00 WIB.

Menurut dia, awak KM Bandar Bestari 05 menyelamatkan 10 awak kapal tersebut saat melintas di wilayah perairan tempat kapal mengalami kecelakaan. Saat itu, kapal kargo KM Bandar Bestari 05 dalam perjalanan dari pelabuhan Sunda Kelapa menuju ke pelabuhan Tanjung Pandan.

Petugas KSOP Kelas IV Tanjung Pandan bersama aparat TNI dan Polri membantu awak KM Mekar Jaya setibanya di pelabuhan Tanjung Pandan.

"Alhamdulillah seluruh kondisi ABK dalam keadaan selamat. Selanjutnya kami buatkan berita acaranya dan saat ini mereka telah berada di Pelabuhan Perikanan Nusantara Tanjung Pandan," katanya.

Dia mengimbau para nakhoda kapal memantau informasi cuaca wilayah perairan sebelum berlayar dan tidak memaksakan berlayar saat cuaca buruk.

"Karena saat ini kondisi cuaca memang kurang baik sehingga kami imbau agar tidak memaksakan diri untuk melaut jika cuaca buruk," katanya.