Jalan Kaligawe Semarang Banjir 1 Meter, Arus Pantura Jateng Dialihkan ke Simpang Genuk
Truk melisas genangan banjir di bawah jembatan Tol Muktiharjo atau tepatnya Jalan Raya Kaligawe Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Selasa, 3 Januari. (ANTARA-I.C.Senjaya)

Bagikan:

JATENG - Banjir masih menggenangi bawah jembatan Tol Muktiharjo atau tepatnya Jalan Raya Kaligawe Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Selasa, 3 Januari.

Kendaraan berukuran kecil masih dilarang melintasi jalur Pantai Utara (Pantura) Jateng yang menghubungkan wilayah Kota Semarang menuju Demak, Kudus dan Jepara tersebut.

"Untuk kendaraan-kendaraan besar saja yang melintas, untuk kendaraan yang berukuran kecil disarankan untuk sementara tidak melintas," kata Kapolsek Genuk Kompol. Ris Andrian, disitat dari Antara, Selasa 3 Januari.

Meski imbauan untuk dilarang melintas telah disampaikan, sejumlah kendaraan kecil tetap nekat menerobos banjir. Akibatnya banyak yang mengalami mogok.

Andrian mengatakan kendaraan berukuran kecil dari Semarang yang akan menuju wilayah Demak dan sebaliknya diimbau untuk melewati simpang Genuk yang mengarah ke Jalan Wolter Monginsidi.

Berdasarkan pantauan di lapangan, banjir masih menggenangi bawah jembatan Tol Muktiharjo sekitar 1 meter. Hanya truk berukuran besar yang diperbolehkan lewat jalur tersebut.

Pada titik banjir tersebut telah dioperasikan pompa air untuk mengurangi genangan.

Sebelumnya, cuaca ekstrem berupa hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah Kota Semarang dan sekitarnya sejak 30-31 Desember 2022.

Hujan yang mengguyur sejak periode itu mengakibatkan banjir dan longsor di sejumlah titik di Ibu Kota Jawa Tengah tersebut.