BMKG: Kecepatan Angin di Pesisir Utara Jateng 8-35 Knot, Tinggi Gelombang Sentuh 4 Meter
Arsip Foto. Suasana daerah pesisir Pantai Lasem di Kabupaten Rembang, Provinsi Jawa Tengah. (FOTO ANTARA/R. Rekotomo)

Bagikan:

SEMARANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan tinggi gelombang di wilayah perairan utara Jawa Tengah bisa mencapai empat meter dari hari ini hingga dua hari ke depan.

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas Semarang Retno Widyaningsih mengatakan, selama kurun itu kecepatan angin di kawasan pesisir utara Jawa Tengah berkisar 8 sampai 35 knot.

"Melihat perkembangan dinamika atmosfer terkini, angin di pesisir utara Jawa Tengah berhembus dari barat ke barat laut secara konsisten dengan kecepatan 8 sampai 35 knot," katanya sebagaimana dikutip dalam siaran pers stasiun meteorologi yang diterima di Semarang, Antara, Selasa, 3 Januari. 

Pada Selasa tinggi gelombang di perairan Laut Jawa bagian tengah diprakirakan 2,5 hingga empat meter. Kecepatan angin di wilayah perairan itu diperkirakan 8 sampai 25 knot.

Pada 4 Januari 2023, gelombang dengan tinggi sampai empat meter berpotensi menghampiri Laut Jawa bagian tengah serta perairan di sepanjang Brebes hingga Rembang. Kecepatan angin di wilayah perairan tersebut diprakirakan 10 hingga 35 knot atau 18,5 hingga 65 km per jam.

Pada 5 Januari 2023, tinggi gelombang di Laut Jawa bagian tengah serta perairan Pati dan Rembang diprakirakan sampai empat meter dan kecepatan anginnya 8 hingga 35 knot.

Warga yang beraktivitas di sekitar wilayah perairan utara Jawa Tengah diimbau mewaspadai dampak gelombang tinggi dan kondisi cuaca buruk.