PGI Sumut Minta Umat Kristiani Ibadah Natal secara Virtual, Ingatkan Imun, Aman, Iman
ILUSTRASI/Pohon natal (ANTARA)

Bagikan:

MEDAN - Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI) wilayah Sumatera Utara (Sumut) mengimbau umat Kristiani menggelar ibadah Natal secara virtual. Metode perayaan Natal ini dianggap paling tepat di tengah pandemi COVID-19.

Ketum PGI Sumut Bishop Darwis Manurung, mengingatkan pola Imun, Iman dan Aman. Untuk Iman, PGI Sumut mendukung ibadah virtual.

“Sehingga setiap keluarga dapat mengikuti ibadah di dalam persekutuan kecil,” kata Bishop Manurung, Senin, 21 Desember.

Kedua soal Imun, PGI Sumut mendorong umat Kristiani mengembangkan habitus barus sebagai bagian dari adaptasi terhadap pandemi COVID-1. Caranya dengan meningkatkan imun, melalui konsumsi gizi yang seimbang, olahraga, berjemur matahari di pagi atau sore hari serta hidup bersih dan sehat.

Ketiga soal Aman saat pandemi COVID-19. PGI Sumut mengingatkan seluruh warga jemaat agar berperilaku aman dengan cara memakai masker, mencuci tangan dengan air dan sabu, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

“Sejak ditemukan COVID-19 di Indonesia, gereja telah dan terus menerus mengupayakan untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 dengan berbagai cara dan bentuk. Terkhusus pada saat perayaan Natal dan menyambut Tahun Baru di tengah masa pandemi, gereja perlu semakin meningkatkan kewaspadaan dan tidak lengah untuk memutus mata rantai COVID-19,” kata Bishop.