China Diterjang Gelombang COVID-19: India Tingkatkan Langkah Pencegahan, Waspadai Varian Baru
Ilustrasi vaksinasi COVID-19 di India. (Wikimedia Commons/Suyash.dwivedi)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Kesehatan India meminta masyarakat untuk melakukan tindakan pencegahan COVID-19, termasuk memakai masker dan mendapatkan vaksinasi, saat negara itu mewaspadai potensi varian baru yang dapat muncul dari gelombang infeksi di China.

Menteri Kesehatan Mansukh Mandaviya mengatakan kepada parlemen Hari Kamis, India akan mulai menguji secara acak 2 persen pelancong internasional yang tiba di bandara negara tersebut, setelah dia meminta otoritas regional untuk mengirim sampel positif ke laboratorium yang memantau jenis COVID baru.

"Negara-negara bagian telah diberitahu untuk membuat orang sadar akan (kebutuhan untuk) memakai masker, menggunakan pembersih tangan, menjaga kebersihan pernapasan dan menjaga jarak sosial,” kata Mandaviya, saat dia mendorong warga India untuk menerima vaksin atau dosis penguat, melansir CNN 22 Desember.

Berbicara pada pertemuan untuk meninjau situasi COVID di negara tersebut, di tengah meningkatnya kasus di beberapa negara Asia, Menteri Mandaviya mengatakan:

"COVID belum berakhir. Saya telah mengarahkan semua pihak untuk waspada dan memperkuat pengawasan."

India, negara berpenduduk 1,3 miliar, melonggarkan pembatasan COVID-19 awal tahun ini, setelah penurunan infeksi, dengan sebagian besar orang berhenti memakai masker di luar.

Peringatan itu datang ketika China bersiap untuk infeksi menyebar dari kota-kota terbesarnya ke daerah pedesaan yang luas, setelah pencabutan strategi nol-COVID yang tergesa-gesa dan kurang persiapan awal bulan ini.

Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus pada Hari Rabu menyatakan keprihatinan atas meningkatnya kasus di China, menekankan dia khawatir tentang "meningkatnya laporan penyakit parah."

"Untuk membuat penilaian risiko yang komprehensif dari situasi di lapangan, WHO memerlukan informasi lebih rinci tentang tingkat keparahan penyakit, rawat inap, dan persyaratan untuk dukungan ICU," jelas Dr. Tedros dalam konferensi pers.

Lonjakan tersebut dapat menyebabkan hampir 1 juta kematian di China, menurut sebuah penelitian yang dirilis minggu lalu, yang menambahkan hal itu juga kemungkinan akan membebani banyak sistem kesehatan lokal di negara tersebut.

Sementara itu, para ahli China telah memperingatkan bahwa yang terburuk mungkin belum datang. Wu Zunyou, kepala ahli epidemiologi di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China (CDC), mengatakan pekan lalu, China sedang dilanda gelombang pertama dari tiga gelombang infeksi yang diperkirakan terjadi pada musim dingin ini.

Tahun lalu, India dihancurkan oleh gelombang kedua COVID-19, yang menewaskan puluhan ribu orang dan membuat sistem kesehatan negara itu kewalahan.

Sejak itu, India telah memberikan lebih dari 2 miliar vaksin COVID-19 dan hampir 75 persen populasinya telah menerima setidaknya satu dosis, menurut data dari Universitas Johns Hopkins.

Menurut Kementerian Kesehatan, India telah melihat "penurunan yang stabil" dalam kasus, dengan rata-rata sekitar 150 infeksi per hari secara nasional pada 19 Desember.

"Kami siap menghadapi situasi apa pun," kata Menteri Kesehatan Mandaviya dalam sebuah unggahan Twitter.