Tim DVI Polri Identifikasi 2 Jenazah Korban Longsor Akibat Gempa Cianjur
Tim DVI Polri saat menggelar jumpa pers di posko antemortem RSUD Cianjur, Jawa Barat, Selasa (20/12/2022).(ANTARA/Ahmad Fikri).

Bagikan:

CIANJUR - Tim Identifikasi Korban Bencana (DVI) Polri mengidentifikasi dua jenazah korban longsor yang ditemukan di titik pencarian Sate Sinta-Cijedil, Kecamatan Cugenang, Cianjur, Jawa Barat. Total korban yang berhasil diidentifikasi menjadi 161 orang.

Anggota DVI Biddokes Polda Jawa Barat Kompol Joko Slamet Riyadi mengatakan, pihaknya berhasil mengidentifikasi korban jenis kelamin laki-laki atas nama Muhammad Ihsan Faturohman 22 tahun dan jenis kelamin perempuan atas nama Dewi Heryani 55 tahun keduanya warga Desa Cijedil.

"Kedua jenazah berhasil diidentifikasi dari kecocokan sidik jari, keduanya merupakan warga Kampung Cijedil, Desa Cijedil, sehingga jumlah korban gempa yang berhasil diidentifikasi pada hari ke-30 pascagempa menjadi 161 orang," katanya dilansir ANTARA, Selasa, 20 Desember.

Tidak hanya kecocokan berdasarkan sidik jari, namun keduanya teridentifikasi sesuai dengan catatan gigi, catatan medis dan properti. Selama penanganan bencana gempa Cianjur, pihaknya telah menerima sebanyak 176 kantong jenazah, dan 161 di antaranya telah berhasil teridentifikasi secara by name bay address.

Tercatat hingga hari ke-30 di kamar jenazah RSUD Sayang Cianjur, masih terdapat delapan kantong jenazah, terdiri dari lima jenazah utuh dan tiga kantong bodypart, sehingga pihaknya akan terus berupaya mengidentifikasi sisa jenazah tersebut.

"Kami upayakan mendapat identitas ke delapan jenazah tersebut, kami juga mengimbau bagi warga yang kehilangan anggota keluarganya saat gempa, dapat datang ke posko antemortem di bagian forensik RSUD Sayang Cianjur," kata Joko.

Mereka yang kehilangan anggota keluarganya dipersilahkan datang dengan membawa data korban berupa kartu keluarga, rekam medis, gigi foto terakhir korban, rekam sidik jari dan membawa saudara yang mempunyai hubungan kekerabatan untuk diambil sampel DNA pembanding.