Tubuh Pekerja Proyek Jurassic Park di Pulau Rinca Dirobek-robek Komodo
Ilustrasi foto komodo (Sumber: Commons WIkimedia)

Bagikan:

JAKARTA - Seorang pekerja di resor Jurassic Park di Pulau Rinca, Nusa Tenggara Timur (NTT) dilaporkan diserang oleh komodo. Penghuni asli pulau tersebut konon merobek beberapa bagian tubuh sang pekerja.

Pekerja itu bernama Elias Agas. Ia bekerja untuk sebuah resor di kawasan Pulau Komodo yang tengah dibangun.

Dikutip dari news.com.au, Elias kemudian dilarikan ke rumah sakit terdekat. Ia dibawa pergi dari Pulau Rinca dengan speedboat.

Proyek pembangunan Jurassic Park di Pulau Rinca telah memicu kontroversi. Tahun lalu, sebuah wacana sempat dilontarkan, tentang larangan wisatawan mengunjungi Pulau Rinca guna melindungi komodo-komodo yang terancam punah.

Namun, Indonesia menolak rencana tersebut. Pemerintah mengatakan akan membatasi jumlah pengunjung dan menaikkan harga masuk untuk menciptakan "tujuan premium".

Di bawah pemerintahan Joko Widodo (Jokowi), Indonesia berupaya meningkatkan angka kedatangan wisatawan ke pulau tersebut. Kini, seribu hingga tiga ribu komodo yang tersisa di seluruh dunia terancam keberadaannya.

Komodo adalah reptil buas terbesar di dunia. Ia bisa tumbuh dalam ukuran mencapai tiga meter dan berat hingga 90 kilogram. Gigitan komodo juga diketahui dapat fatal jika tak ditangani cepat.

Terkait penyerangan Elias, saksi mata mengatakan kadal raksasa berada dalam jarak beberapa meter sebelum menyerang Elias.