Tak Cuma Soal Elektoral, Ini Kriteria Pemimpin yang Dicari PDIP
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto/DOK PDIP

Bagikan:

JAKARTA - PDI Perjuangan (PDIP) mengatakan kriteria calon presiden dan wakilnya di Pilpres 2024 harus punya karakter dan mampu bekerja. Partai ini tak mau hanya mendukung nama tertentu hanya karena aspek elektoral semata.

"Kalau dari PDI Perjuangan jelas keputusan tidak hanya berdasarkan aspek elektoral tapi juga didasarkan karakter pemimpin, kinerja pemimpin, dan bagaimana pemimpin itu menyatukan dengan kekuatan rakyat," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 16 Desember.

Meski begitu, keputusan siapa calon yang akan didukung akan disampaikan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Siapa pun yang terpilih nantinya juga akan dipastikan mampu menjawab permasalahan di tengah masyarakat.

"Ibu Mega lah yang nanti akan memutuskan siapa yang akan dicalonkan PDI Perjuangan," tegasnya.

Sementara saat disinggung soal pengumuman capres dan cawapres yang bakal didukung PDIP, Hasto belum mau bicara banyak. Dia menyebut partainya masih menunggu momen.

Apalagi, banyak pertimbangan yang harus diambil. Mulai dari aspek politik, kondisi sosial ekonomi masyarakat, kondusivitas sosial, hingga kerja sama antar partai politik.

"Bahkan harus dilihat bagaimana dinamika politik internasional. Tentu juga dilihat kesiapan partai, kesiapan pendukungnya, semua dilihat," ujar Hasto.

"Yang jelas saat ini kita lagi fokus ke penanganan masalah ekonomi, masalah pandemi. Kan masih ada waktu mengambil keputusan pada momentum terbaik," pungkasnya.

Terkait