Bagikan:

JAKARTA - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memuji pembubaran pengadilan Kyiv pada Hari Selasa, sebagai bukti Ukraina dapat berjuang untuk mengakhiri sejarah korupsi dan invasi Rusia pada saat yang bersamaan.

"Cerita ini telah berakhir," katanya saat mengumumkan bahwa dia telah menandatangani undang-undang yang membubarkan Pengadilan Administratif Distrik Kyiv, yang oleh otoritas anti-korupsi Ukraina dibandingkan dengan organisasi kriminal dan yang ketuanya terkena sanksi AS pada 9 Desember, melansir Reuters 14 Desember.

"Tapi kisah reformasi terus berlanjut, bahkan di saat perang seperti itu," lanjut Presiden Zelensky dalam pidato video malamnya.

Presiden Zelensky menandatangani undang-undang tersebut pada hari yang sama ketika disahkan oleh parlemen Ukraina, dengan anggukan untuk peradilan yang luas dan reformasi lain yang diperlukan agar Ukraina dapat bergabung dengan Uni Eropa.

Sementara itu, Pavlo Vovk, ketua pengadilan, mengatakan dalam sebuah unggahan Facebook, keputusan untuk menghilangkan pengadilan itu murni politis, dibuat dengan tergesa-gesa dan "mereka yang bertepuk tangan hari ini akan segera menyesal."

Departemen Luar Negeri AS mengatakan Washington menjatuhkan sanksi pada Vovk, "karena meminta suap sebagai imbalan atas campur tangan dalam proses peradilan dan publik lainnya," serta menunjuk dua anggota keluarga dekatnya pada saat yang sama.

Kasus korupsi terhadap Vovk dikirim ke pengadilan tinggi antikorupsi Ukraina musim panas ini, setelah bertahun-tahun kasus terhadap dirinya diblokir.

Terpisah, Biro anti-korupsi nasional Ukraina (NABU) mengatakan dakwaan dikeluarkan pada 17 Juni terhadap Vovk, dua wakilnya, empat hakim pengadilan dan empat lainnya termasuk kepala administrasi peradilan negara.

Tertuduh "bertindak dalam organisasi kriminal" yang dipimpin oleh Vovk dengan tujuan merebut kekuasaan negara dengan mendapatkan kendali atas badan peradilan dan dengan sengaja menghalangi pekerjaan mereka, kata NABU, mengatakan investigasi telah mengumpulkan lebih dari 16.000 jam penyadapan.

Diketahui, upaya bersih-bersih ini tidak lepas dari keinginan Ukraina untuk bergabung dengan Uni Eropa, yang membutuhkan proses panjang dan mungkin memakan waktu bertahun-tahun, butuh reformasi ekstensif untuk memenuhi sejumlah standar mulai dari kebijakan yudisial hingga layanan keuangan dan keamanan pangan.