Penanganan Banjir di Gedebage Bandung Butuh Waktu 4 Jam, Dua Kali Lipat Lebih Lama dari Biasanya
Pengendara sepeda motor menerobos jalanan yang tergenang akibat banjir di Gedebage, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat. (ANTARA/HO-Humas Pemkot Bandung)

Bagikan:

BANDUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, Jawa Barat, menyatakan penanganan banjir di kawasan Jalan Soekarno-Hatta di daerah Gedebage akhir-akhir ini membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya.

"Penanganan memerlukan waktu empat jam. Dua kali lipat lebih lama dari biasanya," kata Kepala UPTD Operasional Pemeliharaan Gedebage Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Kota Bandung Mochamad Mucharam dilansir ANTARA, Selasa, 13 Desember.

Dia menjelaskan, hujan dengan intensitas tinggi yang turun di daerah hulu menyebabkan air Sungai Cipamulihan dan anak-anak sungainya meluap dan mengakibatkan banjir di daerah Gedebage.

Menurut Mucharam, pemerintah kota memprioritaskan penanganan banjir di Gedebage, utamanya di bagian depan Pasar Induk Gedebage, tempat banjir menyebabkan kemacetan lalu lintas kendaraan. 

Dari data Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga, secara keseluruhan banjir terjadi di 68 titik di Kota Bandung.

Mucharam menekankan pentingnya pemeliharaan lingkungan dan penanganan sampah secara baik dalam upaya menekan risiko banjir di daerah-daerah rawan.

"Jangan buang sampah sembarangan, buang pada tempatnya," kata Mucharam.