Bagikan:

YOGYAKARTA - Jalur Tol Gedebage Tasikmalaya Cilacap ialah calon tol terpanjang di Indonesia yang bakal dibentuk tahun 2023. Sudahkah kalian mengenal mengenal tol getaci?

Keberadaan Tol Getaci nantinya bakal jadi penghubung Bandung dengan Tasikmalaya serta Cilacap, ataupun terletak di Provinsi Jawa Barat serta Jawa Tengah.

Mengenal Tol Getaci

Menariknya, Tol Getaci pula bakal tersambung dengan jaringan jalur tol Jawa Barat, tercantum Tol Padaleunyi, Bandung Intra Urban Toll Road, serta tentunya ke bisa diakses dari Tol Cileunyi Sumedang Dawuan ataupun Jalur Tol Cisumdawu.

Apabila akses ini jadi pada tahun 2024 mendatang serta Tol Cisumdawu pula tersambung pada Maret 2023, pasti saja ekspedisi dari Kabupaten Majalengka ke Tasikmalaya dapat mempunyai alternatif lain.

Selama ini, ekspedisi dari Kabupaten Majalengka ke Tasikmalaya memakan waktu kurang lebih dekat 2, 5 hingga dengan 3 jam.

Terdapat 3 alternatif jalur yang biasa dipakai dikala ini yaitu via Kecamatan Talaga dilanjutkan ke Panjalu, kemudian ke Tasikmalaya.

Jalan kedua yakni dari Majalengka via Cipasung serta dilanjutkan ke Panjalu kemudian ke Tasikmalaya.

Rute kedua memakan waktu lebih kurang 3 jam ekspedisi. Sebaliknya rute ketiga yang ialah jalan alternatif merupakan via Malangbong, Ciawi kemudian ke Kota Tasikmalaya dengan waktu tempuh kurang lebih 3 jam.

Apabila pada 2024 nanti Tol Getaci tersambung mulai dari Bandung ke Tasikmalaya, pasti ekspedisi bakal jauh lebih cepat.

Yaitu via Tol Cisumdawu buat mengarah ke Cileunyi, kemudian dilanjutkan ke Tol Padaleunyi serta ke Tol Getaci.

Waktu tempuh ekspedisi Majalengka ke Cileunyi via Tol Cisumdawu cuma 45 menit saja, sebaliknya Bandung ke tasikmalaya via Tol Getaci kurang dari 1 jam.

Karenanya, keberadaan Tol Getaci diprediksi bakal mengganti rute ekspedisi dari Majalengka ke Tasikmalaya memakai jalan tol tersebut.

Selaku data, Tol Getaci bakal dibentuk dalam 2 sesi serta berakhir sepenuhnya pada tahun 2029. Namun sesi awal ditarget berakhir pada 2024.

Sesi awal Tol Getaci merupakan pembangunan dari Junction Gedebage hingga ke Simpang Susun Tasikmalaya ataupun Seksi 1 serta Seksi 2.

Sebaliknya sesi kedua yaitu diawali dari Simpang Susun Tasikmalaya hingga ke Patimuan, Kabupaten Cilacap dengan sasaran diawali tahun 2027 serta berakhir tahun 2029.

Berikut yakni pembagian Seksi Tol Getaci:

  • Seksi I Junction Gedebage sampai ke Garut Utara dengan rute sepanjang 25,20 kilometer.
  • Seksi 2 mulai dari Garut Utara sampai Simpang Susun Tasikmalaya dengan panjang rute 50,32 kilometer.
  • Seksi 3 Simpang Susun Tasikmalaya sampai dengan Patimuan sepanjang 76,78 kilometer.
  • Seksi 4 Patimuan sampai dengan Kabupaten Cilacap dengan panjang 34,35 kilometer.

Jadi setelah mengetahui mengenal Tol Getaci, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!