Penjelasan BMKG Soal Suhu Udara Dingin di Kota Medan
ILUSTRASI UNSPLASH/Ant Rozetsky

Bagikan:

MEDAN  - Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan menyebut suhu udara dingin terjadi di Kota Medan, Sumatera Utara, akibat adanya belokan angin di provinsi Riau.

"Kalau suhu udara hari ini di Kota Medan sekitar 27 derajat Celcius akibat belokan angin di perairan timur Riau," ucap Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan, Sari Iriani Purba dikutip ANTARA, Senin, 12 Desember.

Akibat belokan angin di Provinsi Riau itu, lanjut dia, mengakibatkan wilayah udara Kota Medan secara khusus, dan Sumatera Utara umumnya mendukung konvergensi.

Terjadinya konvergensi atau pertemuan angin di wilayah Sumatera Utara mengakibatkan intensitas hujan semakin meningkat.

Terutama di pesisir timur wilayah Sumatera Utara meliputi 14 kabupaten/kota, yakni Labuhan Batu Selatan, Labuhan Batu, Labuhan Batu Utara dan Asahan.

Kemudian Tanjung Balai, Batubara, Simalungun, Pematang Siantar, Serdang Bedagai, Deli Serdang, Medan, Binjai, Langkat dan Karo.

"Cuaca dingin seperti ini kami perkirakan selama dua hari ke depan. Hujan di pegunungan berpotensi mengakibatkan daerah aliran sungai di Kota Medan meningkat," terangnya.

Diketahui, suhu udara dingin di Kota Medan dan sekitarnya disertai hujan ringan dari pagi hingga malam empat hari berturut-turut dengan suhu 20 hingga 25 derajat Celcius terjadi sejak Kamis (8/12).

"Kalau dari tanggal 8 hingga 11 Desember lalu akibat adanya bibit siklon tropis di sekitar Selat Malaka bagian utara, sehingga menyebabkan suhu dingin di Kota Medan," terang Sari.

AIi Rachman (43), warga Sei Mencirim, Deli Serdang, mengaku terpaksa mengenakan jaket tebal, terutama hendak pergi kerja mengendarai sepeda motor ke ibu kota Provinsi Sumatera Utara.

"Cuaca dingin ini membuat terasa ngilu. Apalagi ketika pergi pulang kerja setiap hari ke Kota Medan," katanya.