Wagub Cok Ace: Ajang Top Model Indonesia di Bali Bawa Dampak Ekonomi
Wakil Gubernur Bali Tjok Oka Artha Ardana Sukawati dalam Grand Final Pemilihan Peragawan dan Peragawati Foto Model Terbaik Top Model Indonesia 2022 di Denpasar, Senin (12/12/2022). ANTARA/Ni Putu Putri Muliantari

Bagikan:

DENPASAR - Wakil Gubernur Bali Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati mengatakan pelaksanaan Grand Final Pemilihan Peragawan dan Peragawati Foto Model Terbaik Top Model Indonesia 2022 di Pulau Dewata membawa dampak positif pada perekonomian.

"Peserta yang datang dari seluruh Indonesia ke Bali tentu saja memberikan dampak positif bagi perputaran perekonomian Bali. Para model ini pasti datang ditemani keluarganya, dan tentu mereka tidak melewati waktu untuk berjalan-jalan menikmati destinasi pariwisata yang ada," kata dia, Senin, 12 Desember.

Wakil Gubernur yang sering dipanggil Cok Ace itu menyampaikan bahwa dengan kedatangan Top Model Indonesia dari seluruh provinsi di Tanah Air, maka ada peluang bagi UMKM Bali untuk menawarkan produknya ke para finalis.

Selain dari sisi ekonomi, Cok Ace juga melihat ajang seperti ini kerap berpindah dari satu daerah ke daerah lainnya, sehingga peluang untuk para model mengetahui dan memahami keberagaman budaya-budaya yang dimiliki Indonesia juga besar.

"Selebihnya, sebagai makhluk sosial yang dipertemukan dari beberapa Provinsi se-Indonesia tentu memiliki manfaat dapat membuka cakrawala kalian semua dalam menatap masa depan Indonesia," ujarnya.

Kegiatan Grand Final Pemilihan Peragawan dan Peragawati Foto Model Terbaik Top Model Indonesia 2022 diikuti oleh perwakilan 34 provinsi dengan kategori usia anak-anak, remaja, dan dewasa.

Wagub Cok Ace mengaku Pemprov Bali mengapresiasi karena Yayasan Pembina Peraga Model Indonesia memilih Pulau Dewata sebagai lokasi pemilihan dan penilaian.

Dia menyebut kegiatan yang dilakukan para finalis sejalan dengan visi Provinsi Bali Nangun Sat Kerthi Loka Bali, di mana para model akan membuka wawasan, pengetahuan, dan komunikasi dengan peserta yang berasal dari provinsi lain, sehingga menjadi wadah yang tepat.

"Masalah cantik dan penampilan itu sangat relatif sekali, namun yang lebih penting adalah inner beauty (kecantikan dari dalam), bagaimana mereka bisa menyerap dan memanfaatkan waktu ini untuk mematangkan pikirannya sekaligus memperluas pergaulannya," ujar Cok Ace.

Wagub saat membuka acara menyampaikan penilaiannya terhadap kegiatan Top Model Indonesia, kata dia, kegiatan ini baik untuk dilakukan secara berkelanjutan, karena akan membantu dalam pengembangan keberanian peragawan dan peragawati di depan banyak orang.

"Namun, saya tetap menitipkan pesan kepada orangtua para model, agar tidak lupa mengawal prestasi akademik di sekolah, karena pendidikan dan kemampuan akademik tetap menjadi hal utama yang harus dimiliki sebagai modal untuk meraih masa depan yang cemerlang, disamping prestasi sebagai nilai tambah untuk menambah wawasan cara berpikir mereka," kata dia.