Bagikan:

JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta lewat PT Transportasi Jakarta membagikan puluhan ribu kartu layanan Transjakarta gratis kepada aparat Polda Metro Jaya dan Komando Daerah Militer Jayakarta (Kodam Jaya).

Penyerahan kartu layanan Transjakarta kepada aparat polisi yang bertugas di Jakarta dilakukan oleh Direktur Utama Transjakarta Yana Aditya kepada Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M. Fadil Imran.

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta Anang Rizkani Noor mengungkapkan, pembagian 10.500 kartu layanan Transjakarta ini merupakan tahap pertama dari 35.000

kartu yang ditargetkan selesai diserahkan pada kuartal pertama 2023.

“Tujuan meningkatkan penggunaan transportasi publik dan ramah lingkungan oleh Anggota Polda Metro Jaya ini sejalan dengan upaya Transjakarta dan Bank DKI sebagai bank penerbit kartu untuk meningkatkan pelayanan publik," kata Anang dalam keterangannya, Senin, 12 Desember.

Sementara itu, penyerahan kartu layanan Transjakarta gratis aparat Kodam Jaya dilakukan oleh Yana Aditya kepada Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto.

"Penyerahan ini merupakan tahap pertama dari 16 ribu kartu yang diserahkan untuk prajurit Kodam Jaya yang didukung oleh Bank DKI sebagai penerbit kartu," ujar Anang.

Adapun penyerahan kartu layanan Transjakarta gratis kepada Kodam Jaya ditargetkan selesai pada Februari 2023.

Diketahui, pembagian kartu layanan Transjakarta gratis kepada aparat ini tertuang dalam Peraturan Gubernur Nomor 133 Tahun 2018 tentang Pelayanan Transjakarta Gratis dan Bus Gratis Bagi Masyarakat yang merupakan Perubahan Ketiga dari Peraturan Gubernur Nomor 160 tahun 2016.

Dalam pergub tersebut, aparat TNI dan Polri menjadi salah satu penerima kartu Transjakarta Gratis. Selain itu, penerima lainnya adalah PNS dan pensiunan PNS, tenaga kontrak Pemprov DKI, penerima KJP, penghuni rusunawa, penduduk Kabupaten Kepulauan Seribu, dan beberapa penerima lainnya.