Kapolda Bali Raih Penghargaan Peringkat Terbaik Kompolnas Awards 2022
Menko Polhukam sekaligus Ketua Kompolnas Mohammad Mahfud MD (kanan) memberikan penghargaan kepada Kapolda Bali Irjen Putu Jayan Danu Putra

Bagikan:

DENPASAR - Kapolda Bali Irjen Putu Jayan Danu Putra meraih penghargaan sebagai Kapolda terbaik versi Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) dalam ajang Kompolnas Awards 2022 di Auditorium PTIK, Jakarta.

Ketua Kompolnas sekaligus Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mohammad Mahfud MD mengatakan saat ini institusi Polri sedang dihadapkan dengan permasalahan ketidakpercayaan oleh masyarakat akibat dari berbagai permasalahan yang terjadi di dalam tubuh institusi Polri sendiri.

Mahfud MD menjelaskan untuk memperbaiki kinerja Polri dalam penegakan hukum, perlu dilakukan perbaikan dan perubahan baik secara kultural, struktural maupun instrumen hukum, karena Polri merupakan penegak hukum yang memiliki peran penting untuk mewujudkan ketiga aspek tersebut.

Mahfud menggarisbawahi puncak prestasi pemerintahan Presiden Jokowi terjadi tahun 2022 di mana pada bulan Februari diadakan survei dengan hasil tingkat kepercayaan publik kepada pemerintahan Presiden Jokowi sebesar 76 persen, dan dari persentase tersebut sumbangan terbesar berasal dari kinerja Polri.

Namun kemudian, kata dia, pada bulan Agustus 2022 presentasi tersebut mengalami penurunan menjadi 54 persen dan baru mengalami peningkatan lagi menjadi 60 persen pada bulan Desember ini.

Kompolnas Award sendiri merupakan salah satu bentuk ungkapan terima kasih atas capaian kinerja satuan wilayah Polri sekaligus menunjang kinerja Polri agar lebih kompetitif. Adapun kriteria penilaian yang dilakukan dalam ajang Kompolnas Award tersebut meliputi beberapa hal yakni program unggulan satuan wilayah, crime total dan crime clearance (tindak pidana kejahatan), pencapaian restorative justice yang berkualitas.

Selain itu, program lain yang dinilai adalah target dan capaian vaksinasi, program unggulan dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional, implementasi quick wins presisi, terobosan kreatif dalam Kamtibmas, serta respon pengaduan dan tanggapan masyarakat terkait kinerja satuan wilayah.

Dalam penganugerahan Kompolnas Awards ini, terdapat nominasi polda, polres, serta polsek terbaik, serta kapolda, kapolres dan kapolsek terbaik di seluruh Indonesia.

Berdasarkan penilaian dari Kompolnas, Polda Bali meraih peringkat terbaik dalam Polda terbaik se-Indonesia, dan Kapolda Bali juga berhasil meraih Kapolda terbaik se-Indonesia, serta Kapolres Karangasem masuk dalam nominasi 16 besar Kapolres terbaik se-Indonesia.

Kapolda Bali Irjen Putu Jayan Danu Putra mengatakan penganugerahan Kompolnas Awards ini merupakan kebanggaan luar biasa bagi keluarga besar Polda Bali karena berhasil meraih peringkat terbaik dalam Kompolnas Awards 2022.

Prestasi tersebut, kata Putu Jayan tidak terlepas dari suksesnya pengamanan konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang sukses terlaksana hingga puncaknya pada 15-16 November 2022.

Kesuksesan tersebut menurut Kapolda Bali juga merupakan buah dari doa dan kerja sama dari masyarakat Bali dalam mendukung perhelatan ajang bertaraf internasional tersebut. 

"Ini akan menjadi momentum untuk mendorong perbaikan terhadap kinerja Polri khususnya Polda Bali dalam memberikan pelayanan yang terbaik dan sebagai fungsi pengendali sosial terhadap masyarakat," kata Kapolda Bali.

Adapun peringkat nominasi Kapolda terbaik versi Kompolnas Awards 2022 adalah peringkat 1 yaitu Kapolda Bali, peringkat 2 yaitu Kapolda Sumatera Utara, peringkat 3 yaitu Kapolda Riau, sementara untuk peringkat wilayah kepolisian terbaik Polda, Polres dan Polsek se-Indonesia yaitu Polda Bali, Polresta Pekanbaru, dan Polsek Linge, Aceh Tengah.