Survei LKP: Moeldoko Bisa Jadi ‘Kuda Hitam’ di Pilpres 2024
Kepala Staf Kepresidenan Dr. Moeldoko (Foto via KSP)

Bagikan:

JAKARTA - Lembaga Klimatologi Politik (LKP) menemukan, persaingan bacapres jelang Pemilu 2024 semakin mengerucut pada tiga tokoh; Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Namun ada satu nama yang bisa jadi kuda hitam.

Namun, LKP menyebut, sisa waktu 14 bulan sebelum pelaksanaan Pemilu 2024 masih memungkinkan terjadi kejutan yang dibuat oleh bakal capres papan tengah. Salah satu tokoh yang berpotensi mejadi ‘kuda hitam’ adalah Kepala Staf Presiden (KSP), Moeldoko.

"Sebanyak 24,2 persen responden mengaku akan memilih Prabowo, lalu 23,7 persen menyebut nama Ganjar Pranowo, dan 22,9 persen menjatuhkan pilihan pada Anies Baswedan. Secara metodologi sulit untuk menyimpulkan siapa yang menempati ranking tertinggi dalam survei LKP kali ini," ujar Direktur Eksekutif LKP, Usman Rachman, dalam keterangannya, Kamis, 8 Desember.

Usman mengatakan, di saat dukungan terhadap capres papan atas semakin terkonsolidasi, dinamika elektabilitas para capres papan tengah dan papan bawah justru menunjukkan kecenderungan stagnan. Bahkan elektabilitas beberapa capres papan tengah, seperti Sandiaga Uno, Erick Thohir, dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memperlihatkan trend menurun.

"Berdasarkan hasil survei LKP, satu-satunya capres papan tengah dan papan bawah yang elektabilitas meningkat signifikan adalah KSP Moeldoko," kata Usman.

Usman menjelaskan, pada survei-survei LKP sebelumnya tingkat elektabilitas Moeldoko tidak pernah mencapai angka 2 persen, sehingga ia selalu berada di papan bawah rating survei. Namun dalam survei kali ini, elektabilitas mantan Panglima TNI itu melesat menjadi 4,2 persen dan berhasil menyodok “lima besar” bakal capres 2024.

"Dengan demikian, Moeldoko menjadi satu-satunya capres papan tengah dan papan bawah yang paling moncer perkembangan elektabilitasnya. Sebab itu bukan tak mungkin Moeldoko dapat menjadi ‘kuda hitam’ yang mengejutkan jelang Pilpres 2024 nanti dan menggeser dominasi capres papan atas," pungkas Usman.

Adapun hasil jika pilpres dilaksanakan saat ini, capres papan atas ditempati oleh tiga nama, yakni Prabowo Subianto diurutan pertama dengan 24,2 persen. Ganjar Pranowo diurutan kedua dengan 23,7 persen, Anies Baswedan ketiga dengan 22,9 persen.

Sementara capres papan tengah diisi oleh Ridwan Kamil 7,6 persen, Moeldoko 4,2 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 4,1 persen, Erick Thohir 3,5 persen, dan Sandiaga Uno 2,0 persen.

Sedangkan capres papan bawah ada Puan Maharani 1,8 persen, Airlangga Hartarto 1,4 persen, dan Muhaimin Iskandar 0,9 persen.

Riset terbaru Lembaga Klimatologi Politik (LKP) dilakukan pada tanggal 17-29 November 2022 dengan melibatkan 1.200 responden yang diambil secara acak bertahap di 34 provinsi yang ada di seluruh Indonesia. Populasi survei adalah seluruh penduduk Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau belum 17 tahun tapi sudah menikah.

Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka dengan responden, dilaksanakan oleh tenaga terlatih dengan pedoman kuesioner. Margin of error survei ini +/- 2,83 persen pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen.

Survei LKP kali ini juga dilengkapi dengan riset kualitatif, khususnya guna menilai tingkat kelayakan seorang tokoh untuk menjadi seorang capres sekaligus calon pemimpin nasional.