Usai Diguncang Gempa M 5,8, PMI Keliling Sukabumi Pantau Warga Terdampak
Personel PMI Kota Sukabumi, Jawa Barat melakukan patroli keliling dengan menggunakan dua unit armada roda empat untuk memantau dampak di lapangan pasca-gempa M5,8 yang berpusat di Kota Sukabumi pada Kamis, (8/12) sekitar pukul 07.50 WIB. (ANTARA/HO)

Bagikan:

SUKABUMI - Personel Palang Merah Indonesia (PMI) dikerahkan patroli keliling memantau dampak gempa berkekuatan magnitudo (5,8) yang berpusat di Kota Sukabumi, Jawa Barat, pada Kamis 8 Desember.

"Kami mengerahkan dua unit kendaraan roda empat untuk melakukan patroli keliling ke sejumlah lokasi di Kota Sukabumi sebagai langkah assessment dampak gempa," kata Wakil Ketua PMI Bidang PB Zaini di Sukabumi, 8 Desember, Kamis 8 Desember, disitat Antara.

Menurut Zaini, hingga pukul 09.00 WIB pihaknya belum menemukan atau mendapat laporan terkait kerusakan, korban luka maupun korban jiwa. Dalam melakukan assessment ini pihaknya pun berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi.

Selain mengerahkan dua unit kendaraan roda empat yang satu di antaranya merupakan ambulans untuk evakuasi warga jika ada yang terdampak gempa seperti terluka dan lainnya, PMI pun menerjunkan enam personel korps sukarelawan (KSR) dan tujuh personel relawan siaga bencana berbasis kecamatan (Sibat) untuk melakukan pantauan di wilayah tugasnya masing-masing.

"Patroli keliling ini sebagai langkah antisipasi jika adanya dampak akibat guncangan gempa dan Alhamdulillah hingga saat ini belom ada laporan jatuhnya korban atau kerusakan," tambahnya.

Sebelumnya Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan gempa M 5,8 yang terjadi sekitar pukul 07.50 WIB pada Kamis, 8 Desember tersebut berlokasi di titik koordinat 7.11 Lintang Selatan (LS)-106.99 Bujur Timur (BT) 22 km Tenggara Kota Sukabumi di kedalaman 104 km.