2 Posramil Bulungan Naik Status Jadi Koramil
FOTO ISTIMEWA

Bagikan:

TANJUNG SELOR - Komandan Resort Militer (Danrem) 092/Maharajalila, Brigjen TNI Ari Estefanus meresmikan dua Pos Koramil (Posramil) di jajaran Kodim 0903/Bulungan yang resmi naik status menjadi Komando Rayon Militer (Koramil).

Dandim 0903/Bulungan Letkol Inf Victor Andhyka Tjokro mengatakan, dua Koramil itu nantinya dapat mendukung pelaksanaan tugas Kodim 0903/Bulungan yang lebih baik. 

"Seperti kita ketahui bersama, sekarang ini di Tanjung Palas Timur ada PSN (Proyek Strategis Nasional) KIHI (Kawasan Industri Hijau Indonesia)," katanya, Selasa, 6 Desember. 

Dengan adanya kenaikan status Koramil Tanjung Palas Timur diharapkan dapat mendukung kegiatan pembangunan KIHI. Khususnya dari sisi keamanan. 

"Untuk personel, sekarang ini masih kurang Danramil dan beberapa Bintara tinggi. Kalau Babinsa (Bintara Pembina Desa) sebelumnya kan sudah ada," ujarnya.

Menurutnya, masih ada jabatan yang masih kurang dan secara bertahap akan dipenuhi oleh Kodim 0903/Bulungan. Sehingga, tugas yang diemban bisa lebih maksimal. 

"Secara bertahap jabatan yang masih kurang itu akan kita isi," ujarnya.

Menurut dia, masih ada potensi penghambat pembangunan Kawasan Industri Hijau Indonesia (KIHI) di Tanah Kuning-Mangkupadi. Namun hambatan itu masih dapat dikendalikan dilapangan.

"Sejauh ini  tidak ada yang mengambat secara langsung. Tetapi, kalau pembangunan seperti itu pasti ada saja masyarakat yang merasa dirugikan," ujarnya.

TNI bersama Polri telah membuka posko pengaduan. Hal ini untuk menerima dan menindak lanjuti persoalan masyarakat sekitar.

"Sekarang ini aduan yang banyak masuk masih terkait konflik agraria. Salah satunya, terkait nilai pembebasan lahan yang dinilai masyarakat tidak sesuai," jelasnya.

TNI/Polri akan terus mengawal proses pembangunan KIHI, sehingga bisa segera terwujud.

"Kami dari TNI akan menjembatani setiap permasalahan yang ada di KIHI. Sehingga, proses pembangunan bisa berjalan sesuai harapan," pungkasnya.