Viral Dituding Berafiliasi dengan FPI, Hotman Paris: Ada yang Iri dengan Bisnis JNE
Pengacara Hotman Paris Hutapea. (Mery Handayani/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - PT TIKI Jalur Eka Nugraha (JNE) sempat menjadi trending topic di Twitter akhir pekan kemarin. Netizen ramai-ramai menyerukan gerakan untuk berhenti menggunakan jasa JNE. Seruan tersebut bermula dari posting-an video ucapan ulang tahun yang ke-30 untuk JNE dari Sekjen HRS Center, Ustaz Haikal Hassan Baras.

Kuasa Hukum JNE, Hotman Paris mengakat bicara mengenai komentar bernada negatif kepada perusahaan kliennya. Hotman menduga, terdapat motivasi tertentu untuk menjatuhkan JNE. Hal ini karena masifnya serangan terhadap JNE terkait video ucapan ulang tahun dari Ustaz Haikal Hassan tersebut.

"Soalnya di mana-mana terlalu banyak itu gosip itu di grup-grup. Dan pasti kalau tidak ada motivasi tidak mungkin seagresif itu dia kan (menyerangnya)," tuturnya, dalam konferensi pers, di Jetski Kafe, Pantai Mutiara, Pluit, Jakarta Utara, Rabu, 16 Desember.

Hal ini diamini oleh Direktur Utama JNE Mohammad Feriadi. Ia mengatakan, isu yang berkembang tekait dengan perusahaannya terafiliasi dengan salah satu ormas merupkan isu yang sengaja dimanfaatkan oleh pihak tertentu.

"Kami melihat bahwa isu ini memang memanfaatkan momen di mana suhu politik sedang memanas. Tapi perlu juga saya sampaikan di sini, di bulan Desember ini ada satu tanggal di mana pada tanggal tersebut yaitu 12.12 perusahaan logistik pasti akan menunggu tanggal tersebut," tutur Feriadi.

Lebih lanjut, Feriadi mengatakan, pada tanggal tersebut adalah hari belanja online nasional (Harbolnas), di mana banyak bisnis online menawarkan banyak promo untuk konsumen.

"Kami menduga. Sekali lagi kami menduga bahwa ini semua dikaitkan adanya persaingan usaha," tuturnya.

Namun sayang, saat ditanya oleh Hotman apakah JNE sudah mengetahui siapa pesaing binis yang sengaja mengangkat isu tersebut, Feriadi mengaku belum mengetahui secara pasti.

"Belum (tahu). Tapi ada indikasi (persaingan bisnis) itu. Kami melihat kelihatannya ada ke arah sana," jelasnya.