Gempa Garut M 6,4, Getaran Terasa Kuat di Jabar
Gempa bumi berpusat di Garut. (Foto via Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Gempa magnitudo 6,4 berpusat di Garut pada Sabtu, 3 Desember. Warga di beberapa daerah Jawa Barat pun sempat merasakan guncangan gempa itu.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat daerah yang merasakan gempa itu mulai dari Tasik, Sukabumi, Garut, Bandung, dan beberapa daerah lainnya.

"Di garut dirasakan dengan skala IV MMI, di Ciamis, Tasik insentitas III MMI, Purworejo Bantul II-III MMI, Bandung, sampai Jawa Timur dirasakan sampai II MMI," kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati dalam siaran langsung via YouTube, setelah gempa.

Sementara itu, kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung, Teguh Rahayu mengatakan gempa itu terjadi pukul 16.49 WIB. Adapun pusat gempa itu berada di barat daya Kabupaten Garut dengan kedalaman 118 kilometer.

"Dalam beberapa menit pertama setelah gempa, parameter gempa dapat berubah dan boleh jadi belum akurat," kata Rahayu di Bandung, Jawa Barat, seperti dinukil dari Antara, Sabtu, 3 Desember.

Adapun gempa itu memiliki titik koordinat di 7.49 lintang selatan dan 107.58 bujur timur. 

Rahayu mengatakan titik gempa itu di daratan sehingga tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Menurutnya, kedalaman gempa itu masuk ke kategori menengah sehingga guncangannya masih bisa dirasakan.