Tercatat, Januari – November Kasus HIV/ADIS di Tangerang Capai 522 Orang
Ilustrasi Foto: Antara

Bagikan:

TANGERANG - Sebanyak 522 orang di Kabupaten Tangerang mengidap penyakit aktif HIV/AIDS. Jumlah tersebut berdasarkan catatan periode Januari-November 2022.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Sumihar Sihaloho mengatakan dari 522 kasus, 372 orang penderita HIV dan 150 terkena AIDS.

"Januari sampai dengan November 2022 tercatat ada 522 kasus," kata Sumihar saat dikonfirmasi, Jumat, 2 Desember

Sumihar menilai angka tersebut mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan kasus pada tahun sebelumnya. Diketahui pada 2021, kata Sumihar, pihaknya mencatat ada sebanyak 414 kasus dengan kasus HIV sebanyak 264 orang dan kasus AIDS sebanyak 150 orang.

"414 kasus dengan kasus HIV sebanyak 264 dan kasus AIDS sebanyak 150. Hanya saja tahun lalu sedang terjadi pandemi COVID-19, ada pembatasan kegiatan sehingga penelusuran kasus HIV AIDS ini tidak berjalan secara optimal," ucapnya.

Sumihar juga mengungkapkan bila Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang terus melakukan upaya penekanan dan pengendalian dengan menyosialisasikan tentang pencegahan, intervensi stigma dan diskriminasi terhadap penderita HIV/AIDS.

"Kami melakukan skrining rutin pada kelompok populasi beresiko, melakukan kerjasama dengan lintas sektor, komunitas pendamping dan penjangkauan dalam penanggulangan HIV," tutupnya.