Bagikan:

YOGYAKARTA – Mendapat predikat sebagai negara terkotor di dunia tentu bukan hal baik. Predikat tersebut diberikan untuk beberapa negara yang dinilai gagal menanggulangi masalah sampah hingga memiliki tingkat polusi udara di atas rata-rata.

Negara Terkotor di Dunia

Tidak hanya berdampak untuk kesehatan masyarakat, tingkat kebersihan negara juga berpengaruh di sektor wisata. Berikut ini beberapa negara yang dikenal kotor, dihimpun dari berbagai sumber.

  1. Bangladesh

Beberapa artikel menempatkan negara Bangladesh di urutan pertama dalam tema negara terkotor. Negara berkembang ini masuk sebagai negara Asia Selatan.

Selain masih menyisakan pekerjaan di sektor ekonomi, Bangladesh juga harus berjuang keras untuk menangani permasalahan sampah.

Luas negara ini 147.000 km persegi. Sedangkan menurut laporan World Population Review, jumlah penduduk negara ini pada tahun 2022 mencapai 171,932,042. Banyaknya angka penduduk menjadikan negara Bangladesh sebagai salah satu negara padat. Hal itu berdampak pada banyaknya sampah yang dihasilkan.

Selain itu, Bangladesh juga memiliki tingkat polusi di atas rata-rata. Dalam laman Statisca dikatakan bahwa di tahun 2021 lalu, negara ini punya konsentrasi partikulat (PM2.5) rata-rata 76,9 mikrogram per meter kubik udara (µg/m3). Hal itu menggambarkan tingkat pencemaran yang cukup tinggi.

  1. Pakistan

Kondisi negara Pakistan ternyata tak berbeda jauh dengan Bangladesh. Negara ini bahkan disebut sebagai negara dengan tingkat pencemaran tinggi di dunia menurut Indeks Udara Kota (AQI) .

Negara muslim yang ada di Asia Selatan ini punya tingkat polusi mencapai 66.8 µg/m³. Angka tersebut termasuk tinggi karena melebihi skala pengukuran WHO yakni 55.5 µg/m³.

Penduduk Pakistan juga sangat padat. Pada tahun 2022 menurut laporan World Population Review mencapai 235,820,000. Kepadatan penduduk yang tinggi membuat negara tersebut bermasalah dengan sampah. Negara tersebut menghasilkan 49,6 juta ton limbah per tahun.

  1. India

Negara India juga sering disebut bermasalah karena sampah dan polusi udara. Sampah disebut mencemari sungai dan jalanan. Bahkan pembuangan air di negara tersebut jadi masalah yang seharusnya diselesaikan dengan cepat.

Pada tahun 2022, negara ini dihuni oleh 1,421,245,170 menurut laporan World Population Review. Kepadatan penduduk yang tinggi menyebabkan negara tersebut menghasilkan lebih dari 62 juta ton sampah. Masalah kebersihan juga mengancam kesehatan.

Tak hanya bermasalah dengan sampah, India juga memiliki tingkat polusi udara yang tinggi. Berdasarkan Data Kualitas Udara Dunia tahun 2020, masyarakat di India berpotensi kehilangan sembilan tahun dari usia mereka karena udara yang kotor.

Mengutip data dari u-earth.eu, polusi udara di India mencapai 58.1 µg/m³. Angka tersebut lebih tinggi dibanding skala pengukuran WHO.

  1. Republik Chad

Negara ini terletak di Afrika Tengah, berbatasan dengan Libya di bagian utara. Pada tahun 2022, penduduk di Republik Chad mencapai 17,953,306. Kepadatan penduduk tidak hanya menyebabkan menumpuknya masalah sampah namun berdampak pada tingkat pulusi udara yang tinggi.

Mengutip data dari u-earth.eu, polusi udara di negara Chad mencapai 75.9 µg/m³. Hal itu seharusnya mendapat perhatian serius dari pemerintah setempat karena mampu mengancam kesehatan masyarakatnya.

  1. Oman

Kesultanan Oman adalah sebuah negara kecil yang letaknya berada di ujung tenggara Semenanjung Arab. Negara ini dikenal karena keindahan arsitekturnya. Namun siapa sangka bahwa Oman punya masalah serius dengan kebersihan udaranya.

Dalam situs U-Earth Team, negara dengan jumlah penduduk mencapai 4,604,032 ini memiliki tingkat polusi udara mencapai 53.9 µg/m³ . Negara ini juga menghasilkan lebih dari 1,7 ton sampah per tahun.

Itulah beberapa negara terkotor di dunia. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.