Akibat Kecelakaan, Kapal MV Serasi I Tenggelam di Perairan Selat Bangka
Kapal MV Serasi I yang ditumpangi 17 orang kru dan dinakhodai oleh Kapten Subur pun tenggelam pada pukul 01.28 WIB/ Foto: Dok. Tim SAR.

Bagikan:

JAKARTA - Kapal MV Serasi I rute Patimban-Belawan terlibat kecelakaan dan tenggelam di Perairan Selat Bangka, Kabupaten Bangka Selatan, Kamis, 1 Desember. Dari informasi Kansar Pangkalpinang yang diterima VOI, Kapal MV Serasi I bertabrakan dengan Kapal MV Batanghari Mas sehingga kapal MV Serasi I alami kebocoran dan kemasukan air.

Kapal MV Serasi I yang ditumpangi 17 orang kru dan dinakhodai oleh Kapten Subur pun tenggelam pada pukul 01.28 WIB.

Humas Kansar Pangkalpinang, Ahmad Syamsuddin mengatakan, sekitar pukul 01.09 WIB (sebelum tenggelam) Kapten Subur dari Kapas MV Serasi I menghubungi Manager Operasional untuk memberitahukan bahwa kapal mengalami tubrukan dan kapal sudah kemasukkan air.

"Kapten Subur akan mengkandaskan kapal. Pada pukul 01.28 WIB, Manager Operasional mencoba menelepon Kapten Subur kembali dan diinformasikan bahwa kapal sudah posisi "nungging" serta crew sudah akan menyelamatkan diri," kata Ahmad Syamsuddin saat dikonfirmasi VOI, Kamis, 1 Desember.

Selanjutnya Kantor SAR Pangkalpinang dan unit siaga SAR Muntok mengerahkan tim rescue dengan mengerahkan beberapa alat utama.

"Pukul 02.25 WIB, kami berkoordinasi dengan PT. Toyo Panindo. Pukul 02.27 WIB, tim diberangkatkan dari Kansar menuju lokasi. Pukul 03.23 WIB, korban MV Serasi 1 berhasil dievakuasi oleh KM Lotus, selanjutnya dibawa menuju pelabuhan Tanjung Kalian Muntok. Sekitar pukul 05.30 WIB tiba desa Sebagin," ujarnya.

Dari hasil penyelidikan Tim SAR gabungan, Kapal MV Serasi I tersebut tenggelam akibat bertabrakan.