Elektabilitas Prabowo, Anies dan Ganjar Bersaing Ketat di Survei Median
Tangkapan layar/Hasil survei Median

Bagikan:

JAKARTA - Media Survei Nasional (Median) merilis survei terkait elektabilitas calon presiden dan wakil presiden 2024. Hasilnya, dari 10 nama capres, elektabilitas Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto ada di posisi teratas dengan 24,2 persen. 

Sementara mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo harus bersaing ketat karena hanya beda 0,1 persen. 

"Prabowo Subianto 24,5 persen. Kedua Anies Baswedan 23,8 persen dan Ganjar Pranowo 23,7 persen," demikian rilis survei Median, Selasa, 29 November. 

Di posisi keempat ada Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono 3,4 persen, kelima Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 2,5 persen, keenam Ketum PKB Muhaimin Iskandar 2,1 persen, dan ketujuh Ketua DPR Puan Maharani 1,8 persen. 

Posisi kedelapan diisi Menparekraf Sandiaga Uno 1,1 persen, kesembilan Ketum Golkar Airlangga Hartarto 1,1 persen, dan kesepuluh Panglima TNI Andika Perkasa 0,7 persen.

Selain elektabilitas capres, Median juga melakukan survei terhadap elektabilitas calon wakil presiden 2024. Hasilnya didapati 5 besar elektabilitas tertinggi cawapres yang dipimpin Ridwan Kamil dengan 10,9  persen. 

Disusul Sandiaga Uno 10,6 persen di urutan kedua, dan Agus Harimurti Yudhoyono 8,1 persen diurutan ketiga. Urutan keempat ada Muhaimin Iskandar dengan 7,7 persen, dan kelima Khofifah Indar Parawansa 3,0 persen. 

Survei Median dilakukan pada periode 9-17 November 2022 dengan 1.200 responden yakni warga yang memiliki hak pilih.

Survei menggunakan teknik multistage random sampling dan proporsional atas populasi provinsi dan gender. Sedangkan, margin of error sebesar +/- 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.